0

Di era seperti sekarang ini, siapa yang tidak ingin jalan-jalan ke luar negeri? Tentu kamu semua ingin, ya. Mulai dari mengunjungi Tokyo Tower di Jepang, main ke Emirates Stadium di London, atau menunaikan Haji ke Mekkah?

Tujuan sudah ditentukan, uang sudah dikumpulkan, lalu, muncul sebuah pertanyaan, yaitu, bagaimana cara membuat paspor?

Tenang saja, kamu berada di artikel yang tepat, karena di sini, kita akan membahas cara membuat paspor online, mulai dari syarat, lokasi, sampai biaya pembuatan!

Baiklah, siapkan dirimu, dan mari kita mulai. Apa hal pertama yang harus kamu lakukan?

Mendapatkan Nomor Antrian

Tidak seperti dulu, kita tidak harus mengantri sejak subuh di depan kantor Imigrasi. Sekarang serba mudah, termasuk membuat paspor. Kamu harus mendownload aplikasi Antrian Paspor Online di Android, serta di website antrian Imigrasi, atau bahkan via Whatsapp!

Baca Juga  Cara Naik Pesawat Terbang Untuk Pertama Kali! Kuncinya Adalah Berani!

Antrian Paspor: Download Di Sini

Antrian Imigrasi: Buka Di Sini

Dengan Whatsapp: Kirim pesan yang berisi #Nama#TglLahir#TglKedatangan ke nomer WA Imigrasi

Contoh: #DimasRamadhan#27011996#22032018

WA Imigrasi Jakarta Pusat: 0812-9900-4406

WA Imigrasi Bogor: 0811-1100-333

WA Imigrasi Batam: 0822-8886-2017 atau 0822-8882-2017

Sebelum mendapatkan nomor antrian, kamu akan diminta mendaftar terlebih dahulu jika kamu belum memiliki akun. Mendaftarnya pun mudah, hanya memerlukan nomer KTP (NIK), nomor telepon, dan alamat email. Nantinya, email konfirmasi akan dikirim.

Catatan: Selalu cek SPAM email, karena email konfirmasi milik penulis yang dikirim oleh Imigrasi, masuk ke SPAM.

Mencari Jadwal

Setelah memiliki akun, kamu akan masuk ke aplikasi atau ke website untuk memilih jadwal. Jika di Android, nantinya cara membuat paspor online akan lebih mudah lagi, karena di halaman depan, kita diperlihatkan lokasi kantor Imigrasi, dan jika diizinkan menggunakan GPS, maka yang paling atas adalah lokasi terdekat.

Baca Juga  Review MRT Jakarta! Bener Gak Sih Berasa di Luar Negeri? Simak Reviewnya Berikut Ini!

cara membuat paspor

Pilih kantor Imigrasi yang akan dituju, dan tentukan tanggal serta waktu kedatangan kalian. Misalkan pagi hari, atau siang hari.

Catatan: Lakukan penjadwalan di hari Sabtu atau Minggu, karena di hari tersebut, pembukaan online dimulai. Lakukan sejak pagi di hari Sabtu, karena kamu akan rebutan dengan orang lain. Di hari kerja, biasanya jadwal sudah penuh.

Catatan: Untuk pembuatan paspor elektronik atau E paspor, tidak semua kantor Imigrasi bisa. Untuk di Jakarta sendiri, semua kantor Imigrasi kelas 1 bisa untuk membuat E paspor.


Setelah mendapatkan jadwal, apa yang harus dilakukan? Cek halaman selanjutnya untuk cara membuat paspor online!


Like it? Share with your friends!

0
Raiga

Gouf itu bukan Zaku

5 Comments

Apa Pendapatmu?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  1. kak mau tanya , saya kn buat paspor lewat antrian via wa, setelah slsai penyerahan smua syaratnya,wawancara dan foto, sya cuma dikasih selembar kertas permohonan yg dsitu ada kterangn no. pemohon, nama, juga no. wa dan jam pengambilan passpor aja. stelah pulang dri sana sy wa bwt mnta kode billingny tdk muncul” sampai akhirny muncul di bsok paginya,langsg saya bayar via klik bca individu. yg ingin saya tanyakan kapan sya bisa ambil paspor elektroniknya dan syartny ? sy melakukan pembayarn tgl 20 september 2018 jam 8 pagi

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals