0

Hai sobat Yunoya. Sebelumnya, Yunoya sudah memberikan tips dan trik cara membuat paspor online yang bisa kamu baca di sini.

Eits, tapi jika sudah membuat, tentu harus diambil, kan? Sebelum sobat Yunoya membersiapkan diri untuk traveling ke berbagai negara di dunia, berikut ini Yunoya beritahu syarat dan cara pengambilan paspor!

Ingin Menulis di Yunoya Media dan dibayar per artikel? klik di sini!!

Tentunya, karena kamu membuka artikel syarat dan cara pengambilan paspor, berarti kamu sudah membuat paspor dan melakukan pembayaran di bank maupun kantor pos, dan tentunya sudah memiliki bukti pembayarannya.

Di selebaran pembayaran dari Imigrasi, ada keterangan dalam berapa hari kamu bisa mengambil paspor milikmu.

  • Paspor Biasa: 3 Hari Kerja (hari libur tidak dihitung)
  • Paspor Elektronik: 7 Hari Kerja (hari libur tidak dihitung)

Batas pengambilan pun juga ada, yaitu jika kamu tidak mengambil selama jangka waktu 30 hari sejak hari pembuatan (ingat, pembuatan!), maka permohonan paspor dianggap batal. Sayang-sayang kan sudah ke imigrasi, sudah foto, sudah bayar, namun dibatalkan.

Baca Juga  Suaka Elang Loji: Tempat Wisata Konservasi yang Menawan

Oke, apa saja tips, syarat, dan cara pengambilan paspor? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Visa Waiver Jepang GRATIS!!!

Cek Selalu Tanggalnya

cara pengambilan paspor

Jika tidak ada kendala, maka pembuatan paspor akan selesai di hari yang ditentukan, yaitu 3 hari kerja untuk paspor biasa, dan 7 hari kerja untuk paspor elektronik.

Selalu pastikan tanggal dan hari, lalu perkirakan juga hari apa dan tanggal apa paspormu jadi. Kosongkan jadwal di tanggal tersebut jika bisa.

Kamu juga bisa mengecek via nomor Whatsapp Imigrasi, cek nomornya di sini.

Meskipun ada waktu beberapa hari sampai dibatalkan, namun lebih baik mengambil di hari pertama saat paspor jadi, bukan?

Baca Juga  Yunoya Travel Series: Review Wisata Tretes di Jawa Timur

Datang dengan Rapih

Kan sudah tidak foto lagi? Kok harus rapih? Tentu saja, karena kamu akan datang ke tempat lembaga negara, jelas kerapihan menjadi hal yang wajib. Seperti biasa, gunakan pakaian rapih berkerah, atau ya setidaknya tidak lusuh dan hanya mengenakan celana pendek saja.

Syarat Pengambilan Paspor

cara pengambilan paspor

Waduh, apakah harus membawa Kartu Keluarga? Ijazah? Atau lainnya? Tenang saja, syarat dan cara pengambilan paspor sangat mudah!

Kamu hanya perlu datang dengan rapih, lalu membawa bukti pembayaran seperti gambar di atas. Datang lah ke bagian penerimaan atau Check in Counter. Seharusnya di sini melakukan scaning sendiri, namun kamu lebih baik bertanya pada penjaga di sana, dan katakan bahwa kamu ingin mengambil paspor.


Jika sudah bertemu dengan penjaga, lalu apa yang harus dilakukan? Cek halaman selanjutnya untuk syarat dan cara pengambilan paspor berikutnya!


Like it? Share with your friends!

0
Raiga

Gouf itu bukan Zaku

70 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

      1. Selamat pagi
        Saya mau tanya jika ambil paspor diwakilkan ke kakak bisa?
        harus buat surat kuasa saja ya?

    1. Wah repot juga ya, tapi surat pengantar untuk pengambilannya masih ada? (bukan struk), kalau ada mungkin bisa dibawa ke imigrasi dan langsung diinformasikan di sana tentang hilangnya bukti pembayaran. Karena meskipun buktinya hilang, tetapi jika sudah bayar, maka sudah masuk database imigrasi

    1. Kalau yang biasa, bagusnya sih rabu, kalau yang elektronik, itu diambil hari selasa dua minggu kedepannya (Misal jumatnya tanggal 7 September, maka diambil di tanggal 18 September, karena ada empat hari weekend di sana)

  1. untuk pengambilan paspor anak ( usia 16 thn), apakah harus anaknya yang ambil sendiri, atau boleh diambilkan oleh orang tuanya ? apakah perlu surat kuasa dari anak jika yang mengambilkannya adalah orang tuanya ?

    1. Setahu saya, selama masih dalam satu kartu keluarga yang sama (misal adik, kakak, orang tua), maka tidak perlu surat kuasa, namun semua syaratnya tetap harus ada ya

    1. Pengambilan paspor bisa dimulai dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore, nah nanti ngambilnya sesuai nomor antrian yang didapat saat ingin mengambil, ya.

      1. Ka mau tanya kalo misal jadwal ambil paspor hari ini tapi berhalangan trus besoknya masih bisa diambil gak yaa?batas waktu berapa hari ka?

    1. Karena ada pembayaran menggunakan metode atm, seharusnya bisa, masalahnya takut update ke database mereka lama, dan terlanjur dianggap belum bayar melewati tanggal, sehingga disarankan sih jangan malam hari kalau bisa

  2. Mau tanya untuk pengambilan paspor jika di wakilkan oleh orang di luar kk apa bisa, dan apa saja yg harus dibawa?

  3. Mau tanya, saya mengajukan perpanjangan paspor 2 agustus lalu, bayar tgl 3 agustus, tapi sampe sekarang belum diambil juga (udah lebih dari 30 hari) dikarenakan kerja, apakah paspor nya langsung dianggap batal ? Ataukah masih bisa diambil ? Mohon infonya, trims.

  4. Batas pengambilan passport berapa lama ya?
    Saya bikin passport tgl 19
    Tpi untuk satu minggu kedepan saya kerja shift pagi jadi ngga bisa Ngambil, ditambah hari weekend kntor imigrasi ngga buka. Bisa ngga di ambil pada tanggal 1 oct

    1. Batasnya 30 hari sejak pembuatan ya, jadi perhitungan harinya dimulai dari tanggal 19 itu. Kalau 19 nya itu tgl 19 September, maka pengambilannya tanggal 1 Oktober itu bisa

  5. Halo, mau tanya.
    Kalo batas akhir bayar saya tgl 27 sept, tp saya baru bisa bayar tgl 9 okt. Apa saya masih bisa bayar, atau harus ngurus ulang ya?
    Terima kasih.

  6. Bro kalo udh bayar udh ada bukti cetak pembayaran, tinggal ambil. tp kertas permohonannya hilang gimana bro? Bisa?

  7. Saya sdh bayar dibank dan saya disuruh dafatr online untuk antrian pengambilan buku paspor namun pas saya daftar online dan saya disuruh masukkan nomor permohonan tapi muncul balasan tidak terdaftar, boleh saya dapat info nomor permohonan yg mana ia

  8. saya tdk tahu bahwa paspor harus di ambil dlm jangka waktu 30 hari.tidak ada pengumuman,pemberitahuan..sms telp atau surat.sungguh tidak adil tidak bijaksana imigrasi.3pasport saya hilang..x500rb. susah itu cari uang buat saya…terimaksih pelayanan yg buruk mengecewakan..semoga mendapat ganjaran lebih dari kerugian saya.terimakasih melayani masyarakat dgn merugikan moril dan materil..terima kasihhhhhhhh…

  9. Kak
    Waktu itu saya sudah pernah daftar antri online , tapi pas dibagian pengecekan ada beberapa dokumen yg harus saya perbaiki lagi.
    Pertanyaannya adalah apakah saya harus ambil antrian online lagi kak ? Jika saya ingin membuat pasport

  10. Bolehkah mengambil paspor dengan diwakilkan dan membawa bukti pembayaran, masih saudara tetapi tidak dalam satu KK

  11. tahun kemaren saya bikin paspor tapi belum saya bayar karan bukti bayar nya hilang,, dan saya baru nemu tahun ini apakah saya bisa bayar langsung atau gimana yah

    1. Bisa ke bank bri terdekat untuk minta mutasi atau cetak buku tabungan. atau kalau punya BRI internet banking, di situ biasanya ada riwayat transaksinya

  12. Hi kak mau tanua, saya sudah melakukan interview dan fofo di hari senin, 28 Januari. Nah saya hari ini Rabu 30 Januari mau melakukan pembayaran via atm BCA tp kenapa gagal ya? Dan status di WA pengajuan masih proses? Apakah saya hanya bisa bayar kalau statusnya sudah jadi? Saya takut terlambat karena tulisan di WA pembayaran 7 hari setelah wawancara.

    1. Lebih baik bawa saja ya, karena bisa jadi catatan di sana bahwa ada dokumen yang kurang, dan bisa minta dilengkapi atau setidaknya untuk bukti saat pengambilan, meskipun tidak selalu, tapi untuk jaga-jaga

  13. Halo, mohon bantuannya, saya masih kurang jelas walau sudah baca comment2 diatas, jd klo misalkan pendaftaran passpor dan interview tgl 10 dan saya bayar di tgl 11 (berhubung pembuatan passpor adalah 3 hari kerja) jadi saya tinggal hitung dari tgl 11 saja u/ pengambilannya?

    Apakah saya tinggal datang ke kantor imigrasi u/ ambil antrian, atau saya harus daftar online lagi u/ antrian pengambilan passpor?

    Btw… yg saya maksud ini adalah kanim Jakpus di kemayoran

  14. halo kak mau tanya sy tgl 4 ke kantor imihrasi untuk melakukan interview dan foto, akan tetapi saya melakukan pembayaran tgl 11 februari, paspor selesainya tgl brp ya?
    krn saya pikir paspor akan selesai 7 hr setelah dilakukan pendaftran asalkan melakukan pembayaran paling telat kurunhari dr 7hr stelahnya..
    apakah paspor saya selesai 7 hr kerja setelah tgl 11 atau tetep 7hr kerja stelah tgl 4?

  15. kak . aku cuman ada resi pembayaran’a saja . surat permohonan nya ilang karna aku baru pindahan .. aku ke kantor imigrasi TJG Priok solusinya cuman blg “Cari sampai ketemu” … kaka ada solusi ga

  16. Tapi di Mall Pelayanan Publik Banyuwangi kita mengambil paspor harus menunjukkan tiket pesawat pp ke negara yg dituju. Aku

  17. Misalnya kita dah selesai wawancara & berhasil bayar permohonan paspor dan menerima tanda bukti bayar. Kira2 masih ada peluang permohonan paspor kita di tolak gak sih kak? Trmksh.

  18. Selamat sore, mau bertanya…. saya membuat permohonan paspor di ULP wilayah semarang, tp ternyata cetak paspornya tetap di imigrasi pusat siliwangi semarang. jika saya ambil paspor di hari ke-3 di siliwangi bisa kah? krn yg di ulp terima di hari ke-4. terima kasih

  19. min mau tanya
    jika kita mau buat perwakilan untu yang ambil paspor kita nih kan harus ada surat kuasanya
    nah jika ada 2 keluarga yang mau di wakilkan tapi beda KK apakah surat kuasanya juga harus ada 2
    terimakasih

  20. Kak..mau nanya..klo misalkan mau bikin paspor Anak,kan org tua harus datang mendapingi.tapi klo suami kerja dan tidak bisa libur bagaimana ya kak?
    Harus dibikin surat keterangan bahwa suami sedang bekerja ya kak?

  21. Kak mau nanya
    Ini surat pembayarannya di kirim lewat WA. Jadi pas mau ambil paspornya harus tunjuki surat pembayaran yg di kirim di WA atau enggak usah ya?

    1. Waduh, coba ikuti hari pengambilan yang ada di artikel ini, terus datang ke imigrasi tempat membuatnya, bawa bukti pembuatan dan pembayaran, seharusnya aman sih

  22. halo kaka, kalo misal kaya cabang cibubur tuh kan hanya melayani jam pagi buat pengajuan paspor, nah untuk pengambilan apa cuman pagi juga ya?

  23. Kakk kalau bill pembayaran hilang dan saya bayarnya saat itu di mobil pos apakah paspor masi misa diambil? Saya sudah ke mobil pos tapi dia tidak bs mencetak ulang bill dikarenakan sudah lebih dr 1 minggu dihitung sejak pembuatan

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!