Hai sobat Yunoya. Sebelumnya, Yunoya sudah memberikan tips dan trik cara membuat paspor online yang bisa kamu baca di sini.

Eits, tapi jika sudah membuat, tentu harus diambil, kan? Sebelum sobat Yunoya membersiapkan diri untuk traveling ke berbagai negara di dunia, berikut ini Yunoya beritahu syarat dan cara pengambilan paspor!

Ingin Menulis di Yunoya Media dan dibayar per artikel? klik di sini!!

Tentunya, karena kamu membuka artikel syarat dan cara pengambilan paspor, berarti kamu sudah membuat paspor dan melakukan pembayaran di bank maupun kantor pos, dan tentunya sudah memiliki bukti pembayarannya.

Di selebaran pembayaran dari Imigrasi, ada keterangan dalam berapa hari kamu bisa mengambil paspor milikmu.

  • Paspor Biasa: 3 Hari Kerja (hari libur tidak dihitung)
  • Paspor Elektronik: 7 Hari Kerja (hari libur tidak dihitung)

Batas pengambilan pun juga ada, yaitu jika kamu tidak mengambil selama jangka waktu 30 hari sejak hari pembuatan (ingat, pembuatan!), maka permohonan paspor dianggap batal. Sayang-sayang kan sudah ke imigrasi, sudah foto, sudah bayar, namun dibatalkan.

Baca Juga  Cara Mudah Membuat Paspor Online, Mulai dari Syarat sampai Biaya Pembuatan!

Oke, apa saja tips, syarat, dan cara pengambilan paspor? Simak di bawah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Visa Waiver Jepang GRATIS!!!

Cek Selalu Tanggalnya

cara pengambilan paspor

Jika tidak ada kendala, maka pembuatan paspor akan selesai di hari yang ditentukan, yaitu 3 hari kerja untuk paspor biasa, dan 7 hari kerja untuk paspor elektronik.

Selalu pastikan tanggal dan hari, lalu perkirakan juga hari apa dan tanggal apa paspormu jadi. Kosongkan jadwal di tanggal tersebut jika bisa.

Kamu juga bisa mengecek via nomor Whatsapp Imigrasi, cek nomornya di sini.

Meskipun ada waktu beberapa hari sampai dibatalkan, namun lebih baik mengambil di hari pertama saat paspor jadi, bukan?

Baca Juga  Cara Membuat Visa Waiver Jepang Dengan Mudah dan GRATIS!!!

Datang dengan Rapih

Kan sudah tidak foto lagi? Kok harus rapih? Tentu saja, karena kamu akan datang ke tempat lembaga negara, jelas kerapihan menjadi hal yang wajib. Seperti biasa, gunakan pakaian rapih berkerah, atau ya setidaknya tidak lusuh dan hanya mengenakan celana pendek saja.

Syarat Pengambilan Paspor

cara pengambilan paspor

Waduh, apakah harus membawa Kartu Keluarga? Ijazah? Atau lainnya? Tenang saja, syarat dan cara pengambilan paspor sangat mudah!

Kamu hanya perlu datang dengan rapih, lalu membawa bukti pembayaran seperti gambar di atas. Datang lah ke bagian penerimaan atau Check in Counter. Seharusnya di sini melakukan scaning sendiri, namun kamu lebih baik bertanya pada penjaga di sana, dan katakan bahwa kamu ingin mengambil paspor.


Jika sudah bertemu dengan penjaga, lalu apa yang harus dilakukan? Cek halaman selanjutnya untuk syarat dan cara pengambilan paspor berikutnya!

Pages ( 1 of 2 ): 1 2»