Beberapa dari kita mungkin udah nonton Avengers Infinity War, dan mungkin beberapa dari kita ada yang gak tau arti dari after credit-nya. (SPOILER ALERT) jadi sebelum mengilang Nick Fury sempat mengirimkan sinyal untuk memanggil seorang superhero, dan logo dialat milik Nick itu adalah logo dari salah satu pahlawan terkuat Marvel yang tidak lain adalah Captain Marvel.

Sebelum masuk pembahasan gue mau ngasih tau terlebih dahulu, kalo ada banyak banget karkater komik yang udah pernah mengunakan nama Captain Marvel. Tapi kali ini gue mau fokusin ke Captain Marvel yang akan mengakhiri Phase 3 (untuk film tunggal) dari Marvel Cinematic Univers, yaitu Carol Danvers.

Siapa sih captain Marvel ini? Apa sih kekuatannya? Apa hubungannya nanti dengan Infinity War? Nah daripada membuat kokoro kalian penasaran, berikut adalah fakta Captain Marvel.

Origins Story

Fakta Captain Marvel

Carol Danvers petama kali muncul di Marvel Super heroes Issue 13 (1967) yang ditulis oleh Roy Thomas dan Gane Colan sebagai artist. Carol adalah seorang pilot pesawat tempur yang sangat handal, mantan perwira di pasukan udara US, dan mantan agent CIA yang dipekerjakan oleh NASA sebagai kepala keamanan markas pusat NASA. Melihat potensi yang dimiliki Carol, Roy Thomas dan Archie Goodwin pun mem-foreshadowing Carol untuk menjadi Superhero.

Baca Juga  15 Fakta Keren Karakter Joker yang Mungkin Kamu Belum Tahu!

Di NASA Carol memiliki mitra kerja bernama dr. Philip Lawson, yang sebenarnya adalah super agent alien dari bangsa Kree yang bernama asli Mar- Vell yang sekaligus Captain Marvel pertama. Long story-short Carol diculik oleh penjahat dari Kree sekaligus mantan komandan Mar-Vell yang bernama Yon-Rogg, jelas hal ini adalah jebakan untuk memancing Mar-Vell.

Ditengah pertarungan Yon mengaktifkan senjata bangsa Kree yang bernama psyche-magnitron, alat ini bisa merubah ide menjadi kenyataan, tapi sayangnya alat itu meledak. Mar-Vell pun melindungi Carol dari ledakan dan radiasi alat itu dengan tubuhnya sendiri. Hal ini justru mengakibatkan Carol menyerap data genetic dari Mar-Vell, yang membuat DNA Carol menjadi perpaduan sempurna antara gen manusia dengan Kree.

Setelah pulih dari ledakan tersebut, Carol sadar bahwa dirinya sekarang memiliki kekuatan super yang sama dengan Mar-Vell, Seperti terbang, super kuat, energy projection, absorption, and manipulation. Carol pun mengenakan kostum dengan motif yang sama dengan Captain Marvel, dan Carol pun mengunakan nama Ms Marvel.

Baca Juga  12 Hulk Versi Alternative, Ada Hulk yang Membunuh Semua Superhero?!

Kontroversi cerita Ms. Marvel

fakta captain marvel

Carol banyak melawan supervillain sepanjang karirnya sebagai Ms Marvel, bahkan Carol juga bergabung dengan Avengers, dan memiliki seri tunggal sepanjang 23 issue. Tapi Ms. Marvel sempat mengalami kontroversi di Avengers issue 200 tahun 1980, dan menyebabkan karakternya harus berada di limbo untuk beberapa waktu.

Diceritakan di issue tersebut bahwa Ms. Marvel diculik oleh penjahat bernama Marcus, anak dari Imortus. Marcus menculik Carol mengunakan alat Imortus dan kemudian mencuci otak, dan membujuk Carol untuk mencitai dirinya. Marcus pun akhirnya menghamili Carol dan anak yang dikandung Carol kelak akan bertumbuh dengan sangat cepat, dan berubah menjadi dirinya sendiri, membuat Marcus bisa kabur dari Limbo.

Yup, ada pemerkosaan didalam ceritanya makanya jadi kontroversi. Karna suatu alasan Marcus tidak bisa tinggal di bumi, maka dia memanipulasi Ms. Marvel agar percaya bahwa dirinya mencintai Marcus. Akhirnya mereka berdua dikirim kembali ke Limbo, dan gak lama kemudian Marcus mati karna penuaan yang sangat cepat, dan Carol pun terbebas dari manipulasinya.

Kelanjutannya ada di halaman sebelah ya manteman

Pages ( 1 of 3 ): 1 23»