Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
headset untuk radio android

Mendengarkan Radio di Android Membutuhkan Headset? Ini Penjelasannya!

Kamu suka mendengarkan radio? Mungkin tinggal sedikit ya orang yang menggunakan radio sebagai media informasi dan hiburan, karena saat ini sudah ada internet dan social media yang jauh lebih digandrungi, dari yang muda sampai yang tua.

Namun, masih banyak orang yang suka mendengarkan radio, salah satunya seperti penulis, atau mungkin kamu yang membaca artikel ini juga suka?

Meskipun beberapa stasiun radio terkenal sudah memberikan siaran live streaming menggunakan internet di website mereka, yang tentunya sangat jernih ketika didengarkan, namun masih ada mereka yang suka mendengarkan di alat radio analog, di dalam mobil, maupun menggunakan Android mereka.

radio

Fitur radio di Android memang ada, meskipun entah para pengguna Android masih mendengarkan radio melalui fitur ini atau tidak. Nah pasti kamu sadar, kenapa butuh headset untuk mendengarkan radio di Android?

Baca Juga  RESMI! Google Perkenalkan Nama dan Logo Baru OS Android 10

Alasan butuh headset untuk mendengarkan radio di Android sebenarnya simple, dan sebagian dari kamu pasti ada yang sudah mengetahuinya, atau mungkin ada yang belum mengetahuinya.

Jika kamu penasaran, coba langsung cari aplikasi Radio FM di Android milik kalian, dan coba kamu mainkan tanpa memasang headset terlebih dahulu. Pasti muncul peringatan seperti di bawah ini:

headset radio android

Di sana tertulis “No headphones detcted. Some function may not be available.” dan tentunya, bersamaan dengan peringatan tersebut, hasil suara dari aplikasi Radio FM kalian tidak akan jernih, atau dalam kasus penulis malah tak ada suara lain selain suara gemerisik.

Setelah kita colokan headset, foyla, suara dari stasiun radio tersebut akan terdengar! Kenapa begitu?

Ternyata, headset digunakan sebagai pengganti antena luar yang berfungsi menangkap sinyal radio. Hal tersebut dilakukan karena Android sendiri tidak memiliki antena luar untuk menangkap sinyal. Jika kamu ingat radio analog lama milik ayahmu atau kakekmu, nah fungsinya sama seperti antena di sana.

Baca Juga  Rekomendasi Hp 1 Jutaan yang Bisa Bermain PUBG Mobile! - Part 2

Uniknya lagi, kamu tidak harus menggunakan headset bawaan pabrik untuk bisa mendengarkan radio di android, karena yang terpenting adalah tembaga di kabel dan juga panjangnya tembaga tersebut.

Nantinya, tembaga tersebut yang akan menerima sinyal, dan Android milikmu yang menerimanya sebagai receiver. Karena hal ini, headset rusak yang terputus tidak bisa digunakan lagi sebagai antena, atau bisa namun frekuensi yang diterima tidak terlalu baik.

Nah jadi lebih tahu kan, kenapa butuh headset untuk mendengarkan radio. Mau tau informasi maupun tips lain? Silahkan buka Yunoya Media untuk artikel lainnya!

Raiga
Gouf itu bukan Zaku
error: Maaf ya