Mengikuti jejak Nintendo dengan NES dan SNES Classic pada, 19 September kemarin Sony mengumumkan akan merilis mini retro console mereka yaitu PlayStation Classic. Versi bentuk terbaru dari PS 1 yang lebih kecil, dan bisa dengan mudah terhubung dengan TV modern.

Classic console ini sendiri akan dibanlore sebesar $99.99, dan akan dirilis tanggal 3 desember tahun ini. Kelengkapan apa saja yang kita dapatkan dengan harga tersebut? Berapa banyak original classic game yang dimiliki?

Console

PlayStation Classic

First lets talk about the console, console PlayStation Classic akan memiliki ukuran 45% lebih kecil dari originalnya atau sekitar 149 mm × 33 mm × 105 mm dengan berat 170 gram. Kelengkapan yang diberikan adalah 1 unit console, 2 game pad, kabel HDMI, dan kabel usb

Game pad atau stick Ps sendiri adalah full-size replika dari original game pad PS 1, bukan DualShock alias tidak ada analog. Console-nya sendiri tidak memiliki port origininal PS, melainkan port USB jadi kita tidak bisa menggunakan controller lama kita.

Agak disayangkan karna analog stick sangat diperlukan untuk beberapa game, tapi sepertinya kedepannya nanti setelah console-nya rilis, Sony akan merilis additional DualShock analog stick atau akan merilis versi kedua PlayStation Classic dengan stick DualShock analog stick sebagai controller.

Save file akan disimpan ke virtual memory card, artinya kalian juga tidak bisa menyimpan file save-an kalian ke original memory card PS 1. Selain itu console ini tidak memiliki AC adapter, jadi kalian harus menyambungkannya dulu ke 5-volt, 1-amp USB port (atau carger Smart Phone)  untuk menyalakan console.

Baca Juga  Tanggal Rilis Game New Gundam Breaker Diumumkan! Siapkan Dompetmu!

Game

PlayStation Classic

Berdasarkan pemberitahuan yang dipost di PlayStation BlogAll of the pre-loaded games will be playable in their original format,” dan PlayStation Classic akan berisikan 20 games dari original library-nya. Sony sendiri baru memberikan bocoran untuk 5 game dari keseluruhan game, diantaranya; Final Fantasy VII, Tekken 3, Jumping FlashR4: Ridge Racer Type 4, dan Wild Arms. 

TBH jumlah 20 game ini terbilang sangan sedikit dibanding kompetitornya sendiri yaitu NES dan SNES Classic yang memiliki total 30 dan 21 games dimasing-masing console, dan dengan lebih dari 2000 game yang ada di library consolenya, tidak adil rasanya terutama untuk konsumen jika hanya menaruh 20 game didalam 1 console.

PlayStation Classic

“Tapi kan nanti mungkin bisa di-download” atau “nanti di-heck aja buat masukin game yang lain” Pertama console ini hanya dilengkapi port HDMI dan USB, dan dari yang terlihat sepertinya tidak ada fiture wireless support didalamnya.

Baca Juga  Star Wars Jedi: Fallen Order, Siap Berikan Kamu Force!

Kedua gue udah bayar $99.99 buat apa gue hack lagi? lebih baik pakai emulator system. Atau kalau mau download game PS1 originalnya, di PS3 dan PS4 hal itu sudah dari dulu bisa dilakukan. Terlebih lagi untuk portable console dimana kita bisa mendownload game PS1, Sony sudah pernah mengeluarkan produk serupa bernama PS TV.

Wishlist

PlayStation Classic

Harapan gue buat console PlayStation Classic semoga ada cara lain buat masukin lebih banyak game kedalamnya, dan harapan gue untuk 15 game yang belum diumumkan wishlist gue adalah;

Resident Evil 2, Klonoa, Brave Fencer Musashi, Spyro The Dragon, Castlevania : Symphony Of The Night, Suikoden 2, Mega man X4, Xenogear, Metal Gear Solid, Crash Bandicoot, Digimon World 3, Vigilante 8, Harvest Moon: Back to Nature, Chrono Trigger, Bishi Bashi Special.

Untuk lebih pastinya lagi kita harus bersabar sampai 3 desember mendatang, dan untuk yang mau PO PlayStation Classic bisa dipre-order di Amazon.