Shazam! saat ini filmnya sedang tayang di Indonesia (saat artikel ditulis) dan sepertinya menarik membahas fakta Shazam.

Kali ini tak hanya 5 atau 7, namun kita akan membahas 15 fakta Shazam dari DC Comics yang menarik untuk diketahui!

Apa saja itu? Mari kita mulai 15 fakta Shazam!

1. Captain Marvel

Sebelum bernama Shazam, dahulu dia bernama Captain Marvel. Captain Marvel lahir tahun 1939 di Whiz Comics terbitan Fawcett Comics.

Lalu kenapa bisa pindah ke DC Comics? Kenapa jadi Shazam? Jawabannya adalah;

2. Mengalahkan Superman

Pada tahun 40an sampai 50an itu, karakter Captain Marvel jauh lebih populer dan lebih sukses dari Superman. Masalahnya, Captain Marvel ya Superman dengan sihir.

DC Comics yang saat itu takut tersaingi akhirnya membawa Fawcett Comics ke ranah hukum atas masalah peniruan hak cipta (Captain Marvel mirip Superman). DC Comics menang di mata hukum, dan akhirnya hak cipta dari Captain Marvel dimiliki oleh DC Comics.

Baca Juga  Darkseid dan The Female Furies akan Jadi Villain di Film DC The New Gods!

Jahatnya, saat itu DC Comics ingin kejayaan Superman tetap naik, karena itu ketika mereka sudah memiliki Captain Marvel, serial ini tak dilanjutkan, dan menghilang begitu saja.

3. Kelahiran Shazam

Tahun 1970, Captain Marvel yang resmi menjadi milik DC Comics itu ingin dilanjutkan oleh DC setelah sebelumnya hilang begitu saja dari peredaran. Masalahnya, Marvel Comics, pesaing utama DC Comics menciptakan karakter dengan nama yang sama di tahun 68.

Karena masalah hak cipta nama, akhirnya pihak yang memenangkan hak cipta nama “Captain Marvel” adalah Marvel Comics, dan DC mengubah Captain Marvel menjadi Shazam di tahun 1970.

4. Film Superhero Pertama di Dunia!

Fakta Shazam ini mungkin kamu baru tahu, yaitu Shazam, atau pada saat itu masih Captain Marvel adalah film superhero mainstream dari buku komik pertama dalam sejarah dunia!

Baca Juga  9 Robot Terbaik di Jagad Pop Culture! Batman Punya Robot?!

Pada tahun 1941, Fawcett Comics dan Republic Pictures membuat serial 12 episode yang masih berwarna hitam putih dari Captain Marvel yang berjudul Adventures of Captain Marvel. Tahukah kamu? Di tahun yang sama, karakter Captain America milik Marvel Comics baru lahir!

5. Sulit Membaur dengan Pahlawan DC Lain

Tadinya, semesta Shazam dan pahlawan DC Comics lainnya yang kelam itu berbeda, namun dalam sebuah kejadian komik di tahun 1980, mereka bertemu.

Di sini, agak sulit bagi Shazam untuk membaur, alasannya karena “dunia” Shazam sangat berbeda dengan dunia utama DC Comics yang kelam. Masalahnya, Billy Batson ya digambarkan sebagai anak yang baik hati ketika menjadi Shazam.


Pernahkah duel Superman vs Shazam terjadi? Sering! Cek halaman kedua untuk lanjutan fakta Shazam!

Pages ( 1 of 3 ): 1 23»