Selama ini kita mengenal Joker sebagai villain yang sinting dan suka membuat onar. Namun karena jarang disinggung, tak banyak yang tahu bagaimana kisah masa lalu Joker.

Sejatinya tak ada yang bersifat definitif atau pasti dari latar belakang Joker. Namun misteri inilah yang justru membuat villain ikonik DC menarik. Selain itu, ketidakpastian ini juga membuahkan kisah asal-muasal Joker yang berbeda-beda mulai dari komik, film hingga animasi.

Kamu penasaran dengan bedanya kisah masa lalu Joker di tiga media tersebut? Kalau begitu, yuk kita langsung simak saja ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Film Batman (1989)

Film superhero legendaris besutan Tim Burton ini memberikan Joker nama asli Jack Napier. Sebelum bertransformasi jadi Joker, Naphier adalah gangster Gotham yang membunuh orang tua Bruce Wayne. Hingga suatu ketika Naphier diserang bosnya sendiri karena berkhianat, dan ia berakhir tercebur ke dalam tangki zat kimia.

Baca Juga  Teori Tentang Captain Marvel Di Avengers 4, Dia yang Akan Mengalahkan Thanos? [Spoiler Alert]

Semua orang yang menjadi saksi kejadian ini termasuk Batman, meyakini Naphier telah meregang nyawa. Padahal sebenarnya, Naphier berhasil selamat namun dengan kondisi kulit pucat dan rambut hijau. Di momen inilah Naphier berubah menjadi orang sinting dan menjuluki dirinya “The Joker”.

2. Komik Batman Confidential #7-12

Dalam komik keluaran 2006 ini, ada karakter villain bernama “Jack” yang terobsesi dengan Batman, setelah jemuh dengan aksi kriminal yang ia lakukan selama ini. Demi mendapatkan perhatian Batman, Jack pun sampai merampok sejumlah bank.

Baca Juga  Film Joker Pecahkan Rekor Deadpool 2, Ryan Reynolds Berikan Umpatan!

Bagian menariknya, asal-muasal Joker disini berawal saat Batman menyayat wajah Jack dengan Batarang, yang kemudian menciptakan “senyuman” lebar ikonik sang villain.

3. Komik Case Study

Dalam komik Case Study, Joker adalah gangster sinting yang karena bosan dengan kekuasaan, menciptakan persona baru bernama Red Hood untuk melakukan aksi kejahatan kelas teri.

Komik karya Paul Dini dan Alex Ross ini juga merepresentasikan karakter Joker dengan sangat berbeda dari komik lainnya. Karena di komik hitam putih rilisan 1996 ini, Joker sebenarnya adalah pria waras yang pura-pura gila biar tidak dihukum mati. Wah, ternyata Joker juga pintar bersandiwara nih ya?


Seperti apa kisah masa lalu Joker lainnya? Kita lihat di halaman berikutnya ya!

Pages ( 1 of 3 ): 1 23»