Tidak melulu bermain di segmen menengah hingga atas, kini lewat seri Galaxy A, Samsung terus mencoba menggebrak pasar dengan varian – varian device di segmen low hingga mid-end. Samsung kembali merilis varian terbaru dari varian termurah Galaxy A tersebut, yaitu Galaxy A10S. Seperti apa review Samsung Galaxy A10S?

Dengan harga jual Rp 1.899.000 Samsung Galaxy A10S ini dibekali dengan prosesor Mediatek Helio P22, RAM 2GB, serta memori internal sebesar 32GB.

Menyasar pasar generasi masa kini yang sering menggunakan sosial media, Samsung Galaxy A10S ini memiliki dual camera berlensa 13mp + 2mp dengan fitur Live Focus.

Lalu, tanpa panjang lebar lagi berikut ini ulasan singkat pengalaman kami ketika menggunakan Samsung Galaxy A10S untuk penggunaan sehari – hari.

1. Body dan Design

Samsung Galaxy A10S 2

Kesan pertama menggunakan Samsung Galaxy A10S ini terbilang baik. Pada bagian depan body Samsung Galaxy A10S ini memiliki design yang sama dengan pendahulunya yaitu, layar Infinity V Display 6.2″ HD+.

Samsung Galaxy A10S 2

Namun, untuk bagian belakang, Samsung Galaxy A10S kali ini terdapat dua buah kamera pada kiri atas dan sensor sidik jari pada bagian tengah body-nya.

Masih dengan material plastik, Samsung Galaxy A10S kali ini terlihat lebih “mahal” dibanding pendahulunya. Body plastik yang digunakan kali ini dilapisi coating gloss yang menyerupai kaca sehingga timbul kesan lebih premium dan kokoh dibandung Samsung Galaxy A10.

2. Kamera

Tentu di review Samsung Galaxy A10S harus memasukan poin ini.

Salah satu fitur yang diandalkan dari Samsung Galaxy A10S adalah hadirnya dual camera pada seri termurah Galaxy A ini. Kamera utama beresolusi 13MP f1.8 ditambah 2MP depth camera yang digunakan untuk dapat mengambil gambar bokeh.

Baca Juga  OPPO Meluncurkan 2 Smartphone Terbarunya, OPPO A9 2020 dan A5 2020!

Sedangkan untuk kamera depan, Samsung Galaxy A10S memiliki kamera dengan resolusi 8MP yang juga dapat mengambil gambar dengan efek bokeh. Selain itu, Kamera depan Samsung Galaxy A10S ini juga disisipkan fitur keamanan face recognition untuk membuka ponsel ini.

Lalu, bagaimana kualitas kamera Samsung Galaxy A10S ini? Kami mencoba mengambil gambar menggunakan ponsel ini pada beberapa kondisi pencahayaan. Dan berikut ini hasilnya:

Kamera Samsung Galaxy A10S

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh Samsung Galaxy A10S terbilang cukup baik bagi ponsel di rentang harga 1 jutaan. Dari hasil foto tersebut dapat dilihat detil dan akurasi warna terlihat cukup baik.

Samsung Galaxy A10S

Ketika mengambil gambar dengan mode Live Focus, kamera Samsung Galaxy A10S memang betul dapat mengambil gambar bokeh, namun kualitas bokehnya terlihat tidak terlalu rapih.

Terlihat objek foto yang merupakan box dari Samsung Galaxy A10S ini memang lebih fokus dibandingkan objek dibelakangnya, namun efek blur yang dihasilkan tidak merata.

Samsung Galaxy A10S

Untuk foto di ruangan yang memiliki cahaya lebih gelap, Samsung Galaxy A10S menghasilkan gambar dengan lebih terang dan cukup baik.

3. Performa

Beberapa hari kami menggunakan Samsung Galaxy A10S ini untuk keperluan sehari – hari sejujurnya tidak mengalami kendala apapun yang berarti.

Dengan RAM sebesar 2GB dan prosesor Mediatek MT6762 Helio P22 yang berjalan pada Android 9.0, Samsung Galaxy A10S dapat menjalakan aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, maupun email dengan baik dan lancar.

Ketika digunakan untuk bermain beberapa games seperti Mobile Legends dengan kualitas grafik tinggi dan mode High Frame Rate dinyalakan, Samsung Galaxy A10S dapat menjalankannya dengan baik dan tanpa lag.

Untuk bermain game Line Gundam Wars pun juga terasa lancar dan tanpa lag.

Selain itu, dukungan baterai sebesar 4.000mAh pun membuat ponsel ini dapat bertahan seharian penuh dengan catatan pemakaian secara wajar.

Baca Juga  Launching HP Baru, Asus Tidak Siarkan Live Di TV!

Namun, karena tidak adanya fitur Fast Charging membuat pengisian daya ponsel ini memakan waktu cukup lama. Yang mana berdasar pengalaman kami ketika mengisi daya ponsel ini, dari rentang baterai 18% hingga 40% memakan waktu kurang lebih 1 jam.

4. Kesimpulan

Usaha Samsung untuk bermain di pasar low-end bisa dibilang cukup baik, yang mana jelas ditampilkan dari kualitas Samsung Galaxy A10S ini.

Design bagus, kamera yang cukup baik dikelasnya, serta performa yang juga terbilang baik membuat ponsel ini cukup bersaing jika dibandingkan dengan kompetitor dikelasnya.

Dijual dengan harga Rp. 1.899.000 bisa menjadi pilihan buat kalian yang ingin mendapatkan ponsel milik Samsung dengan kualitas yang baik serta harga yang terbilang murah.

Terlebih untuk kalian yang mencari ponsel murah untuk kebutuhan update social media, Samsung Galaxy A10S ini sangat cocok, memiliki dual camera, fitur bokeh, serta kapasitas baterai yang cukup besar.

Lalu berdasarkan review Samsung Galaxy A10S apakah kalian berminat untuk membeli ponsel ini? Jika iya, Samsung Galaxy A10S mulai dijual pada tanggal 23 September 2019 di situs resmi Samsung dan Flash Sale di JD.id dengan penawaran spesial.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!