Kita semua sudah familiar dengan sepak terjang Joker di dunia film. Namun bagaimana dengan yang di dunia komik dan game? Pertanyaan menarik ini siap dijawab Yunoya Media lewat daftar fakta Joker!

Sebagai pembuka, Joker merupakan karakter ciptaan Bill Finger, Bob Kane dan Jerry Robinson yang memulai debutnya di komik Batman #1 pada 1940. Digambarkan sebagai psikopat sinting dan anarkis, ada banyak fakta terungkap selama musuh besar Batman meracau di komik DC. Dari yang aneh, mengejutkan sampai gila. Penasaran? Inilah 15 fakta Joker yang mungkin kamu belum tahu!

1) Villain Pertama yang Dibuatkan Komik Sendiri

Meskipun asal-usulnya misterius, Joker tetap jadi karakter yang menarik diikuti berkat aksi gila dan tindak-tanduknya yang sulit diprediksi. Menyadari potensi besar Joker, di tahun 1975 DC Comics bereksperimen dengan menghadirkan serial komiknya yang berjudul The Joker.

Langkah berani DC pun menjadikan Joker karakter villain pertama yang punya serial komik sendiri. Dalam petualangan solonya, meskipun ia tetap berbuat jahat, Joker menjelma jadi sosok protagonis yang mudah disukai pembaca. Hmm, tak beda jauh dengan film Joker ya?

2) Tampangnya Terinspirasi Aktor Conrad Veidt

fakta joker

Ternyata wajah ikonik Joker yang terkenal dengan senyuman lebarnya tak sepenuhnya original lho. Pasalnya, sebelum menciptakan Joker, co-creator Bill Finger menggambar terlebih dahulu sketsa aktor Conrad Veidt, sebagai sumber inspirasi buat tampang musuh besar Batman.

Baca Juga  Banyak Easter Egg di Filmnya, Ini Tanggapan Sutradara Joker!

Lebih spesifik, Finger menggambar Veidt dalam perannya sebagai Gwynplaine di film The Man Who Laughs (1928). Serupa dengan Joker, Gwynplaine punya kecacatan di wajahnya yang membuat ia terkesan selalu tersenyum lebar.

Baca Juga  Anime Dr. Stone Ungkap Desain Karakter Terbaru Sebelum Tayang Juli 2019!

3) Pernah Hidup Normal

Mengira Batman sudah mati akibat perangkap yang ia pasang, mental Joker kembali waras hingga ia memutuskan menjalani hidup normal dan apa adanya. Memakai nama baru Joseph Kerr, Joker pun melakukan operasi plastik agar terlihat seperti orang normal, dan ia juga menjalin hubungan asmara dengan seorang tetangganya.

Namun kewarasan Joker rupanya tak bertahan lama. Begitu ia mengetahui Batman masih hidup, Joker kembali gila dan mengembalikan penampilan khasnya, guna melanjutkan terornya pada Batman.


Masih ada banyak fakta Joker yang tak kalah menarik lho. Silahkan lanjut ke halaman berikutnya!

Pages ( 1 of 4 ): 1 234ยป