Foodies pasti tidak asing lagi dengan mozarella corndog kan? Makanan yang sering muncul di drama Korea atau mukbang ini berhasil membuat penasaran. Karena kepopulerannya, mozarella corndog sering disangka berasal dari Korea. Tapi jangan salah, ternyata bukan berasal dari Korea loh!

Pada awalnya corndog berasal dari Amerika Serikat. Di sana, corndog dibuat dari sosis yang luarnya dibalur dengan adonan tepung jagung. Kemudian ditusukkan di tusuk sate dan digoreng hingga renyah.

Setelah digoreng, cemilan ini akan memiliki tekstur seperti roti yang membungkus sosis di dalamnya, persis seperti hotdog. Corndog diidentikkan sebagai makanan pekan raya karena bentuknya yang praktis untuk dibawa kemana-mana.

Di Korea, corndog asal Amerika Serikat ini dimodifikasi sedemikian rupa, baik rasa maupun tambahan topping diberi sentuhan khas Korea, sehingga terciptalah korean corndog. Bahan-bahan yang digunakan mirip dengan versi Barat-nya, namun diberi tambahan kentang goreng dan keju mozarella di dalamnya, serta ditaburi gula di bagian luarnya.

mozarella corndog

sumber: Google

Untuk membuatnya, sosis dan mozarella ditusukkan di tusuk date, lalu dibalur dengan adonan tepung jagung. Sebelum digoreng, bagian luar adonan tepung jagung dilapisi dengan kentang yang dipotong kecil-kecil sehhingga bisa menempel. Kemudian corndog digoreng hingga renyah dan keemasan. Di luarnya, corndog ditaburi gula dan diberi saus, seperti saus tomat, sambal, mustard, ataupun mayones.

Di Indonesia, bagian luar dari korean corndog ini dimodifikasi lagi. Misalnya kentang di bagian luar diganti dengan tepung roti ataupun mie yang sudah diremas kecil-kecil. Begitu pula dengan pilihan sausnya.

Di beberapa kedai terdapat saus dengan rasa unik seperti wasabi mayo, saus keju, BBQ, dan masih banyak lagi. Kreasi korean corndog di Indonesia ini biasanya disesuaikan dengan kreativitas sang penjual dan minat masyarakat.

Keju mozarella yang melar ketika digigit memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Apalagi dengan tekstur renyah dan gurih dari adonan tepung jagung dan sosis, memberikan tambahan rasa yang unik.

Diantara semuanya, paling suka yang mana nih foodies? Ala Amerika Serikat, Korea, atau Indonesia?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!