Satu dekade sudah berlalu semenjak film adaptasi Watchmen (2009) yang disutradari Zack Snyder rilis. Bisa dibilang bahwa adaptasi filmnya ini hampir mirip dengan komik karya Alan Moore dan Dave Gibbons.

Perbedaan yang mencolok adalah dalam komiknya kota New York hancur karena serangan alien buatan berbentuk oktopus raksasa, sedangkan filmnya menggunakan bom.

Di tahun 2019 ini, Watchmen kembali diadaptasi oleh HBO yang episode perdananya tayang pada 20 Oktober 2019 kemarin. Penggemar DC Comics pastinya sudah tidak sabar untuk menonton serial ini.

Berikut beberapa hal mengenai serial Watchmen yang didapat dari kumpulan trailer dari Youtube HBO:

1. Bukan Adaptasi Komik Doomsday Clock maupun Watchmen (2009)

Serial Watchmen HBO

Cover Komik Doomsday Clock

Doomsday Clock bisa dibilang sebagai kelanjutan cerita dari Watchmen, di mana karakter dari masing-masing semesta DC Comics dan Watchmen bertemu. Seri ini sudah berjalan dari tahun 2017 dan issue terakhirnya akan dirilis Desember tahun ini.

Serial Watchmen juga bukan sekuel dari adaptasi film Zack Snyder. Jika dilihat dari trailer, ada satu adegan yang menampakkan sketsa oktopus seperti pada komiknya walaupun Damon Lindelof mengatakan bahwa serial ini bukan benar-benar sekuel dari komiknya melainkan “remix” atau “fan fiction”. Kita tinggu saja ya.

2. Karakter-Karakter Watchmen yang Muncul di Serial

Serial Watchmen HBO

Karakter original dari komik Watchmen

Dilihat dari beberapa trailer yang dirilis HBO, sejauh ini terdapat tiga karakter original dari komik Watchmen yang kembali hadir, yaitu Adrian Veidt alias Ozymandias (Jeremy Irons), Hooded Justice, Laurie Jupiter (Jean Smart) yang memperkenalkan dirinya sebagai Laurie Blake, dan Dr. Manhattan yang tertangkap kamera masih berada di Mars.

Ditampilkan juga Owlship milik Nite Owl. Apakah karakter Dan Dreiberg akan muncul juga? Trailer comic-con ditutup dengan tangan berwarna biru yang mengambil topeng berbentuk wajah Dr. Manhattan.  

3. Latar Tempat

Serial Watchmen HBO

Watchmen HBO berlatar di Tulsa, Oklahoma

Serial Watchmen mengambil setting di tahun 2019, 34 tahun setelah peristiwa dalam komik berlangsung. Kali ini berlatar di Tulsa, Oklahoma, yang dapat dilihat dari headline koran. Koran tersebut juga menyatakan bahwa Adrian Veidt sudah meninggal, yang mana ia masih hidup di suatu tempat dan menyaksikan semua kejadian.

4. Rorschach

Serial Watchmen HBO

The Seventh Cavalry

Seperti diketahui bahwa Rorscach mati karena diledakkan oleh Dr. Manhattan baik di komik maupun adaptasi filmnya. Namun masih ingatkah dengan jurnal milik Rorscach yang ia kirimkan ke The New Frontiersman?

Jurnal itu berisi catatan-catatan pengalaman Rorschach termasuk penyelidikannya dalam pembunuhan The Comedian dan apa yang ia ketahui tentang Ozymandias. Jurnal ini melahirkan para penerus Rorschach yang disebut dengan “The Seventh Cavalry”. 

5. Karakter-Karakter Baru

Serial Watchmen HBO

Karakter-karakter baru dalam serial

Banyak karakter-karakter baru yang akan hadir dalam serial Watchmen HBO, beberapa diantaranya adalah pemeran utama dalam serial yaitu Angela Abar alias Sister Night, seorang detektif yang diperankan oleh Regina King, Looking Glass yang diperankan Tim Blake Nelson, Cal Abar yang diperankan Yahya Abdul-Mateen II, dan juga Chief Judd Crawford yang diperankan Don Johnson. 

Apa kalian tidak sabar untuk menonton serial Watchmen garapan HBO? Apa ada yang sudah menonton episode satunya? Tulis di kolom komentar tentang pendapatmu ya. Serial ini dijadwalkan tayang mulai 20 Oktober hingga 15 Desember 2019. 


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!