Berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI), kepribadian dibagi menjadi 16 kelompok. Dilansir dari laman The Myers & Briggs Foundation, tujuan dari pengelompokkan ini adalah untuk membuat teori psikologis yang dikemukakan oleh C. G. Jung dapat mudah dimengerti dan berguna dalam kehidupan.

Di antara keenam belas kepribadian itu, INFJ (Counselor/Advocate) dipercaya menjadi tipe yang paling langka dengan presentasi sekitar 1-2% di dunia. INFJ pada laki-laki lebih jarang ditemukan daripada INFJ pada perempuan. INFJ sendiri merupakan singkatan dari Introvert, iNtuitive, Feeling, dan Judging

Dikutip dari Truity, INFJ mengisi energinya dengan menghabiskan waktu sendiri (introvert), fokus kepada ide dan konsep daripada fakta dan detail (intuitive), membuat keputusan berdasarkan hati dan nilai-nilai yang diyakini (feeling), teratur dan terorganisir daripada spontanitas (judging). 

Sebenarnya apa sih yang membuat tipe INFJ ini langka? Berikut Yunoya Media sudah merangkum 8 poin untuk mengenal kepribadian tipe advokat yang dirangkum dari 16 Personalities dan Truity. Poin-poin ini menyangkut hal apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan bagi INFJ.

1. Memiliki empati yang tinggi

INFJ

Karena sensitivitasnya yang tinggi, INFJ dapat melihat sesuatu dari berbagai macam sudut pandang. Seorang INFJ tidak sulit untuk menempatkan dirinya pada sepatu orang lain walaupun dia belum pernah mengalami kejadian tersebut.

INFJ mudah untuk terkoneksi dengan orang lain. Selain itu, mereka juga memiliki tutur kata yang lembut, penuh kehangatan, mereka berbicara dari hati ke hati dan bukan dengan logika maupun serangkaian fakta-fakta. 

2. Sangat suka menolong

INFJ

Salah satu tujuan hidup dari INFJ adalah menolong orang lain. INFJ dapat ditemukan pada acara-acara amal atau terlibat menjadi sukarelawan. Namun tujuan utama INFJ adalah mencari akar permasalahan yang timbul sehingga orang-orang tidak perlu merasa kesusahan.

Tipe advokat menggunakan imajinasi, kreativitas, dan talenta mereka bukan karena uang maupun diri sendiri melainkan untuk menciptakan keseimbangan. Para INFJ percaya bahwa kekuatan cinta dan kasih sayang dapat melunakkan hati yang sekeras batu sekalipun.


Masih belum selesai, lanjut klik halaman kedua untuk penjelasan kepribadian INFJ berikutnya!

Pages ( 1 of 3 ): 1 23»