Ada banyak hal tentang Parasite yang menarik untuk dibahas. Mulai dari alur ceritanya yang ibarat roller coaster, hingga kemenangan bersejarah Parasite di ajang Oscar 2020.

Bicara yang terakhir, Parasite berhasil meraih empat piala Oscar meliputi Best International Feature Film, Best Original Screenplay, Best Director, dan penghargaan tertinggi Best Picture. Pencapaian ini pun menjadikan Parasite sebagai film Asia pertama dan film non-berbahasa Inggris pertama yang dianugerahi piala Best Picture.

Kini yang menjadi pertanyaan, apa sih yang membuat Parasite mampu memborong empat piala Oscar, termasuk yang paling prestis Best Picture? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini!

4. Best International Feature Film

Sejak masuk nominasi, Parasite sudah banyak digadang akan menjuarai kategori ini. Kenapa? Karena sebelumnya ia telah melibas sejumlah film non-berbahasa Inggris saat berkompetisi di Cannes Film Festival, hingga akhirnya film Korea Selatan ini berhasil memenangkan penghargaan tertinggi Palme d’Or.

Baca Juga  Sekarang Film Avengers: Endgame Digital HD Sudah Dirilis!

Terlebih lagi, jika dibandingkan dengan para kompetitornya di kategori film asing terbaik Oscar, Parasite jauh lebih populer karena ia kerap disorot media dengan beragam artikel apresiasi, hingga membuat filmnya sempat viral di media sosial. Jadi selain ditunjang kualitasnya yang memang sudah sangat bagus, kepopuleran ini agaknya menjadi faktor X di balik kemenangan Parasite.

3. Best Original Screenplay

Naskah asli terbaik tentu tidak hanya menawarkan cerita dan karakter yang kreatif dan memikat, tetapi juga punya nilai substansi yang kuat.

Baca Juga  5 Fakta Menarik Parasite yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Sepanjang filmnya bergulir, Parasite sudah menunjukkan semua itu dengan kisah perjuangan keluarga miskin mengubah nasib mereka dengan cara yang tak pernah kita duga. Naskah racikan Bong Joon Ho pun kian berbobot dengan mengeksplorasi perbedaan kasta sosial, sebuah isu yang sangat relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Belum lagi naskah Parasite juga memiliki unsur komedi dan thriller, yang keduanya menyatu sempurna dengan rentetan plot twist gila ciptaan Bong. Dengan semua hal mengesankan di dalamnya, tidak heran bila juri Oscar jatuh hati pada naskah original Parasite.


Ulasan selanjutnya akan membahas kenapa Parasite pantas menyabet trofi Best Director dan Best Picture. Klik halaman kedua, guys!

Pages ( 1 of 2 ): 1 2»