Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Red velvet
Sumber: Google

FoodyPedia #03: Apa itu Red Velvet? Cari Tahu Jawabannya Disini!

Jangan salah, yang akan kita bahas disini bukan girlband asal Korea ya! Mungkin banyak foodies yang bertanya-tanya, sebenarnya red velvet terbuat dari apa sih? Mengapa rasa dan aromanya identik dengan cokelat? Yuk, temukan jawabannya disini!

Red velvet memiliki ciri khas berwarna merah mahoni dan rasanya yang manis. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya antara lain adalah bubuk kakao, kopi, buttermilk, cuka, dan pewarna makanan merah.

Perbedaan bahan membuat cita rasanya meninggalkan kesan yang berbeda. Takaran bubuk kakao yang digunakan lebih sedikit dibandingkan kue cokelat biasa, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih lembut dan rasanya yang tidak terlalu “nyoklat”.

 Red velvet
Sumber: Google

Diketahui kue red velvet biasa disantap sebagai dessert sejak perang dunia II. Dulu, kue ini disajikan sebagai makanan penutup untuk para tentara.

Diduga karena bahan makanan yang terbatas kala itu, pastry chef yang bekerja menggunakan sari buah bit sebagai pewarna kue. Sehingga terciptalah warna merah mahoni khas dari makanan penutup ini.

Kisah lain mengatakan bahwa red velvet merupakan makanan penutup terkenal yang disajikan oleh salah satu restoran di New York. Resep dan cara pembuatannya diketahui banyak orang setelah seorang pelanggan menanyakan hal itu langsung kepada chef.

Karena dianggap telah mengetahui rahasia perusahaan, chef tersebut mengirimkan tagihan yang sangat mahal kepadanya. Pelanggan yang tidak terima dengan perlakuan tersebut kemudian menyebarluaskan resep kue red velvet kepada seluruh teman-teman dan relasinya.

 Red velvet
Sumber: Google

Terlapas dari sejarahnya, tekstur lembut kue red velvet ternyata cocok dipadukan dengan cream cheese loh, foodies! Tidak heran, sekarang banyak yang membuat kreasi dari perpaduan kedua bahan ini.

Rasa gurih dan tajam cream cheese melengkapi tekstur bolu ini disetiap lapisan. Mulai dari martabak, milkshake, cookies hingga es krim menggunakan perpaduan kedua bahan ini sebagai menu andalan mereka.

 Red velvet
Sumber: Google

Nah, sekarang sudah tahu kan? Foodies yang sedang #dirumahaja boleh banget nih coba membuat berbagai macam kreasinya. Siapa tahu kreasimu menjadi tren baru di sosial media. Yuk, langsung berkreasi!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

error: Maaf ya