Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
cara membuat dalgona

Yuk Intip Cara Membuat Dalgona Coffee Anti Gagal dari Yunoya Media!

Di tengah pandemi virus Corona, social distancing menjadi salah satu solusi yang diterapkan pemerintah. Para warganya pun diminta untuk mengurangi kegiatan diluar rumah dan bekerja dari rumah.

Karena banyaknya waktu luang, banyak warganet yang mencoba berkreasi dengan masakan dan minuman, salah satunya adalah dalgona coffee.

dalgona coffee
Sumber: Google

Minuman ini tengah viral di sosial media karena sensasinya yang berbeda dari kopi pada umumnya. Rasanya yang kental dan manis dengan pahit kopi yang berbekas di lidah, apalagi cara pembuatannya juga tergolong unik. Mau tahu resepnya? Yuk simak artikel berikut!

Berbekal kopi instan, gula, dan susu UHT, dalgona coffee bisa dibuat sendiri di rumah.

Kopi yang digunakan adalah bubuk kopi murni, tanpa ampas serta tanpa campuran gula dan krimer. Kopi instan, gula, dan air panas dicampur dengan perbandingan 1:1:1.

Seperti instruksi yang ada di berbagai artikel dan referensi video, takaran yang digunakan masing-masing adalah 2 sendok makan.

dalgona coffee
Sumber: Google

Selanjutnya campuran kopi diaduk hingga berbusa. Di tahap ini dibutuhkan kesabaran ekstra karena campuran kopi harus dikocok selama beberapa menit hingga mengental.

Warna campuran kopi yang sebelumnya gelap akan menjadi semakin terang, foamy, dan bertekstur kental seperti whipped cream.

Lalu es batu dan susu UHT dimasukkan ke dalam gelas saji sebagai base dalgona coffee. Setelah campuran kopi dituangkan, kopi ini siap dinikmati. Bisa juga ditambahkan berbagai topping sesuai selera sebagai penambah rasa.

Citarasanya tidak kalah dengan kopi yang ada di cafe, loh!. Sensasi berbeda akan ditemukan dalam dalgona coffee. Saat foam kopi menyentuh lidah, teskturnya seperti whipped cream dengan aroma kopi yang tajam.

Susu putih di bawahnya berperan sebagai penyeimbang dan memberikan kesan yang lembut. Sensasinya segar, namun halus dan meninggalkan aroma kopi yang kuat di mulut.

dalgona coffee
Sumber: Google

Menikmati segelas dalgona coffee di rumah seakan-akan bisa mengobati rasa rindu nongkrong di coffee shop kesayangan.

Yuk, warganet yang sedang #workfromhome coba berkreasi membuat dalgona coffee sendiri! Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan murah dan mudah didapat. Hitung-hitung sekalian mengusir rasa bosan dirumah nih, foodies!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

error: Maaf ya