Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
charcoal
Sumber: Google

FoodyPedia #04: Ini Dia Manfaat Charcoal dalam Makanan!

Akhir-akhir ini, tren makanan dan minuman menggunakan charcoal sedang banyak dikembangkan. Mulai dari es krim, jus, pasta, hingga roti burger dikreasikan hingga menjadi warna hitam dengan tambahan charcoal.

Pemandangan ini tergolong baru dan unik di dunia kuliner. Pada umumnya arang tersebut terbuat dari hasil pembakaran kelapa, bambu, dan tanaman lainnya.

Arang ini telah melalui proses pengaktifan khusus guna meningkatkan daya serapnya. Activated charcoal kemudian dihaluskan dan ditambahkan ke dalam adonan makanan dan minuman.

charcoal
Sumber: Google

Melihat warnanya yang hitam, membuat kita menjadi ragu. Apakah aman mengonsumsinya? Eits jangan salah, foodies.

Activated charcoal ini telah diolah lebih lanjut agar aman dikonsumsi, bahkan mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Secara luas, para professional kesehatan menggunakannya untuk membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh.

Jenis charcoal yang digunakan di dunia kesehatan menggunakan dosis yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang digunakan di dunia kuliner.

Arang yang sudah diaktifasi mampu menyerap racun hingga ribuan kali lipat dari beratnya sendiri, sehingga di klaim sebagai bahan alami untuk mendetoks racun dalam tubuh.

Selain itubahan ini juga dipercaya mampu menangkal penuaan dini, membuang gas berlebih dalam tubuh, dan menurunkan kolesterol. Kandungan karbon di dalamnya berperan sebagai spons yang kemudian menyerap racun sebelum terangkat dalam aliran darah.

charcoal
Sumber: Google

Namun perlu ditekankan, konsumsinya dalam makanan dan minuman harus masih berada dalam dosis aman.

Charcoal yang terlalu sering dikonsumsi malah bisa menyerap kembali vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, potasium, dan berbagai jenis vitamin lainnya.

Mengonsumsi charcoal memang baik untuk kesehatan, namun penggunaannya dalam jumlah berlebih dan frekuensi pengonsumsian yang terlalu sering tidak memberikan efek yang baik untuk tubuh.

Ditambah lagi charcoal yang digunakan di dunia kuliner telah dicampur dengan berbagai bahan makanan lainnya, sehingga efektivitasnya berkurang.

charcoal
Sumber: Google

Jadi, bagi foodies yang penasaran berbagai kreasi makanan dan minuman dengan tambahan charcoal, boleh banget nih mencobanya.

Tapi harus diingat, pengonsumsiannya harus masih dalam batas aman dengan dosis yang tepat ya! Lagipula sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

error: Maaf ya