Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Naik kendaraan umum saat new normal
Sumber : Antara/Aprillio Akbar

Tips Naik Kendaraan Umum Saat New Normal dari Yunoya Media!

Naik kendaraan umum saat new normal aman tidak ya, Beberapa wilayah di Indonesia sudah bersiap untuk menghadapi new normal atau tatanan normal baru. Di beberapa kota seperti Jakarta dan Bogor mulai diterapkannya PSBB transisi, dimana pada masa ini kegiatan sosial dan ekonomi sudah mulai pulih kembali secara bertahap.

Banyak orang sudah mulai bekerja dikantor dan berkegiatan diluar. Untuk para pekerja yang tidak memiliki kendaraan pribadi mau tidak mau harus menggunakan kendaraan umum. Pemerintah sendiri sudah menetapkan aturan seperti memperbolehkan kendaraan umum mengangkut maksimal 50% dari total kursi.

Masyarakat tetaplah harus berhati-hati dan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19 terutama ketika menggunakan kendaraan umum. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan agar tetap aman ketika naik kendaraan umum saat new normal seperti ini.

Naik kendaraan umum saat new normal
Sumber : ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
  1. Pastikan Kondisi Sehat

Kondisi tubuh sangatlah penting untuk diperhatikan sebelum melakukan aktivitas. Untuk kalian yang dirasa kurang sehat sebaiknya beristirahat dulu karena tubuh dalam kondisi yang kurang baik akan sangat rentan tertular penyakit.

  1. Selalu Menggunakan Masker Dan Membawa Masker Pengganti

Memakai masker merupakan hal yang wajib yang harus dilakukan ketika kalian akan keluar rumah terlebih lagi naik kendaraan umum saat new normal seperti ini. Sebab masker adalah salah satu upaya untuk mencegah terkena paparan virus Covid-19. Selain itu kalian juga bisa membawa masker pengganti seperti yang disarankan Dokter Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Pusat Covid-19. Karena masker sendiri memiliki batas waktu pemakaian penggunaannya.

  1. Hindari Memegang atau Kontak Fisik dengan Orang Lain atau Objek di Kendaraan Umum
Baca Juga  Tips Berpakaian Modis dan Trendy di Era New Normal!

Virus corona bisa saja menular melalui barang disekitar kita melalui sentuhan dari orang lain. Untuk itu agar tetap merasa aman sebaiknya kita menghindari untuk memegang fasilitas yang ada dan kontak fisik dengan orang lain. Hindari juga untuk berpindah lokasi duduk atau berdiri.

  1. Tetap Menjaga Jarak

Salah satu upaya mencegah terkena paparan virus covid-19 yaitu menerapkan aturan menjaga jarak minimal 1,5 meter namun jika tidak memungkinkan, maka jaga jarak semaksimal mungkin dengan orang lain.

  1. Tidak Berbicara Selama Di Kendaraan Umum

Virus corona dapat menular percikan air liur, maka dari itu alangkah baiknya kalian mengurangi berbicara atau bahkan lebih baik tidak berbicara ke sesama pengguna kendaraan umum untuk mengurangi penularan.

  1. Mandi Dan Ganti Baju Setelahnya Jika Memungkinkan
Baca Juga  Ini 7 Cara Menenangkan Hati Gelisah yang Bisa Langsung Kamu Coba!

Hal ini dapat dilakukan sebagai upaya mencegah penularan virus corona dimasa new normal seperti ini. Sehabis kalian keluar rumah dan menggunakan kendaraan umum sebaiknya ketika sampai dirumah langsung bersihkan diri agar tidak menularkan virus yang kalian bawa dari luar kepada orang rumah

  1. Bawa Hand Sanitizer Dan Tisu Basah

Untuk antisipasi ketika naik kendaraan umum saat new normal seperti ini kita harus sedia hand sanitizer dan tisu basah didalam tas kita. Bersihkan tangan sebelum dan sesudah naik kendaraan umum untuk memastikan ketika naik atau turun kendaraan tangan kita dalam keadaan bersih

  1. Jika Memungkinkan Hindari Jam Padat Ketika Ingin Keluar Selain Urusan Kantor

Hal ini dilakukan untuk menghindari keramaian ketika kalian berada dalam kendaraan umum sehingga mengurangi kontak fisik dari penumpang lain atau menghindari desak-desakan.

Tetap berhati-hati dan jaga kesehatan meskipun ketika sedang berada di kendaraan umum saat new normal seperti ini ya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya