Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Hataraku Saibou

Bermanfaat, ini 7 Anime Edukatif yang Mencerdaskan Kita!

Kata siapa anime isinya cuma fantasi anak-anak? Genre anime beragam, yang di dalamnya juga terdapat bermacam-macam ide, alur, penokohan, dan pesan moral.

Kekayaan gagasan dan genre anime membuat kita bisa mencari banyak hal, termasuk pengetahuan-pengetahuan akademis. Asyiknya menonton anime edukatif adalah kita bisa belajar sambil bersantai serta bersenang-senang.

Belajar dari anime mungkin tidak sepadat belajar di buku atau video interaktif, tetapi kita bisa menikmati setiap episodenya. Lalu, pengetahuan tersebut dapat dikembangkan saat belajar sungguhan.

Berikut terdapat tujuh contoh anime edukatif yang sarat pengetahuan. Beberapa di antara mereka barangkali pernah kalian tonton atau minimal dengar namanya karena populer pada suatu musim:

1. Hetalia: Axis Power

Hetalia: Axis Power

Penggemar sejarah dan geografi sangat direkomendasikan menonton Hetalia: Axis Power. Anime adaptasi webcomic ini tayang perdana pada 2009 dan membahas sejarah, khususnya perang dunia, dalam nuansa komedi.

Hetalia menggambarkan negara-negara dunia sebagai manusia berkarakter unik. Misalnya: Italy yang polos dan cenderung bodoh karena kurang berperan dalam Perang Dunia II, Japan yang pendiam tapi berprinsip dan pekerja keras, serta Russia yang paling tinggi, tenang, tapi ditakuti.

Baca Juga  Cerita Anime Danshi Koukousei no Nichijou: Kisah Anak SMA yang Seru!

Imajinasi untuk menggambarkan negara sebagai manusia adalah hal yang tidak pernah terlintas di pikiran penulis sampai menonton Hetalia. Penokohan memang lebih diprioritaskan mengenai Perang Dunia II, sehingga kita bisa mendapatkan gambaran mendalam melalui interaksi antar karakter.

2. Comical Psychosomatic Medicine

Comical Psychosomatic Medicine

Anime adaptasi manga tersebut menceritakan keseharian psikolog Ryou Shinnai di klinik kejiwaannya. Selama bekerja, Ryou dibantu oleh perawat bernama Asuna Kangoshi. Anime pun menampilkan tokoh-tokoh pendukung yang lain sebagai tenaga kesehatan.

Di anime ini akan dijelaskan tentang mental illness, penyebab, sampai penanganan sehingga penonton dapat lebih teredukasi perihal kesehatan mental. Biarpun sekilas tampak mengangkat topik berat, Comical Psychosomatic Medicine justru ber-genre komedi dan mengacu pada pop culture.

Dewasa ini, topik mental illness yang dulu sebatas dianggap “gila” atau “kurang bersyukur” kian diperhatikan oleh masyarakat. Bahasan tentang hal tersebut dikemas secara menarik di Comical Psychosomatic Medicine, barangkali kalian berminat mempelajarinya.

Baca Juga  Rekomendasi Gourmet Food Anime : Dijamin Bikin Laper!

Masih ada beberapa rekomendasi anime edukatif lagi, yuk klik halaman berikutnya.

1 23»

error: Maaf ya