Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Princess Mononoke Ghibli

7 Rekomendasi Anime Mahakarya Buatan Studio Ghibli!

Kalau seseorang menyebut Studio Ghibli, hal pertama yang terlintas di kepala pasti anime untuk semua umur atau visual yang indah. Ghibli memang terkenal dengan produk-produk anime yang ramah ditonton bersama keluarga.

Tidak berhenti di sana, film produksi Ghibli selalu menggugah jiwa dan memberi pesan-pesan bermanfaat. Studio Ghibli seakan menjadi salah satu spesialis anime terbaik sepanjang zaman.

Pada kesempatan ini, penulis membagikan tujuh anime mahakarya Studio Ghibli. Beberapa di antaranya mungkin lebih tua dari kita, tetapi masih cocok ditonton sampai kita tua. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Spirited Away (2001)

Spirited Away

Spirited Away disebut sebagai karya terbaik sutradara ternama, Hayao Miyazaki. Ia pun memenangkan berbagai penghargaan, termasuk menjadi anime pertama yang meraih Piala Oscar 2002 untuk nominasi Film Animasi Terbaik.

Berkisah tentang Chihiro sekeluarga yang tersesat ketika hendak menuju kediaman baru mereka. Terowongan membawa mereka ke dunia lain berisi makhluk-makhluk mistis. Kondisi semakin mengagetkan ketika orang tua Chihiro berubah menjadi babi usai makan tanpa izin di salah satu restoran.

Kita diajak menyaksikan perkembangan karakter seorang gadis berumur 10 tahun yang berusaha tetap hidup, menyelamatkan kedua orang tuanya, lalu mencari jalan pulang. Selain tokoh utama, tokoh-tokoh lain tak kalah menarik, misalkan Haku yang kerap menolong Chihiro.

Keunikan Spirited Away adalah film ini dibuat tanpa naskah cerita atau kalau meminjam istilah Miyazaki, “Spirited Away menulis dirinya sendiri secara alami.” Ide film pun didapat saat Miyazaki bertemu anak temannya saat liburan pensiun.

2. My Neighbor Totoro (1988)

My Neighbor Totoro

Keluarga Kasukabe pindah ke rumah tua di desa terpencil. Kepindahan tersebut menjadi titik awal pertemanan kedua anak Kasukabe, Satsuki dan Mei, dengan makhluk penjaga hutan bernama Totoro.

Jalan cerita My Neighbor Totoro terbilang sederhana tetapi tetap berkesan. Sebagai contoh, film ini menampilkan adegan seperti berjalan di hutan, menunggu ayah di halte bus, dan bercerita pada kedua orang tua di rumah sakit.

Penokohan yang kuat menjadi salah satu keunggulan My Neighbor Totoro. Bukan cuma Totoro yang lucu, tetapi Mei yang ceria, Satsuki yang berani, dan orang tua mereka yang bijaksana. Tak heran, My Neighbor Totoro memenangkan Kinema Junpo Award pada tahun 1989.


Penasaran dengan kelanjutan daftar anime Studio Ghibli? Cek halaman kedua!

1 23»
error: Maaf ya