0

Stress kerjaan di rumah tidak berjalan lancar? Order sepi? Barusan putus dari pacar? Atau malah kerjaan banyak menumpuk di rumah karena PSBB? 

Yunoya ingin memberikan tips nih untuk pembaca yang stress dan ingin rileks di rumah dengan cara melakukan praktek aktivitas mindfulness. Nah, sebelum terjun ke prakteknya tentunya pembaca perlu tahu apa arti dari mindfulness itu sendiri.

Jadi, simak baik-baik ya artikel soal mindfulness ini! Siapa tahu berguna untuk pembaca Yunoya yang ingin mengurangi stress.

Arti Mindfulness

Mindfulness adalah suatu sikap atau bisa dibilang kesadaran dalam menjalankan fokus hidup di masa kini, dan tidak terombang-ambing oleh masa depan. Praktek Mindfulness ini mengajarkan pada kita tentang pentingnya untuk fokus dengan apa yang sedang kita alami dan melakukan hal yang terbaik untuk memetik hasil akhirnya di masa depan.

Mindfulness adalah cara efektif untuk mengurangi stress, depresi, dan kecemasan. Apalagi dengan banyaknya peristiwa dan kejadian yang tidak enak yang banyak terjadi saat tahun 2020 ini, tentunya mayoritas orang menjadi rentan terkena stress dan depresi. 

WHO juga menegaskan bahwa kesehatan sejahtera tidak hanya berlaku untuk kesehatan fisik, namun untuk kesehatan mental juga Praktek mindfulness dan aktivitas yang produktif seperti berolahraga dapat mendukung kesehatan mental.

Berikut akan dijelaskan cara untuk melakukan praktek mindfulness.

Menerapkan Praktik Mindfulness

Menerapkan praktik mindfulness sebenarnya cukup sederhana dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Hal simple seperti pelan-pelan saat menyeduh teh atau tidak tergesa-gesa saat mengerjakan tugas sudah termasuk praktek mindfulness.

Baca Juga  Informasi Tentang Kanker Usus Besar, Gejala, dan Pencegahannya

1. Mindfulness di Tempat Kerja

Yuk Praktek Aktivitas Mindfulness untuk Kesehatan Mental Kamu!

Ada beberapa perusahaan yang masih menerapkan kerja di kantor walaupun ada PSBB. Biasanya perusahaan menerapkan sistem shift saat pekerja diharuskan masuk. Nah, berikut adalah contoh praktek mindfulness di tempat kerja. 

  • Luangkan waktu untuk introspeksi sambil relaksasi, hal ini membantu kita untuk tidak terkena hawa bias negatif dari dalam diri sendiri atau orang lain.
  • Menghindari multitasking bila bisa, karena hal ini justru membuat persentase fokus kita jadi terpecah belah dan membuat panik.
  • Beristirahat siang apabila waktunya istirahat agar dapat fokus mengerjakan tugas
  • Ambil waktu untuk menikmati tekstur permukaan meja makan, lingkungan di sekitar, sambil menenangkan pikiran dari tugas
  • Nikmati rasa dan tekstur makan siangmu, sambil mengunyah dengan pelan dan tidak terburu-buru.
  • Mencermati email perusahaan dengan hati-hati, apabila pikiran sedang tidak fokus ada baiknya dibalas ketika pikiran sudah tenang.

Ini adalah contoh simple dari praktek mindfulness di tempat kerja. Masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk praktek mindfulness, karena praktek itu sendiri bersifat sederhana. Paragraf selanjutnya akan menjelaskan mengenai praktek mindfulness di rumah.


Baca lanjutan soal mindfulness di halaman kedua yuk!

Baca Juga  Mie Cup Extra Pedas dengan Topping Boba? Yuk Lihat Reviewnya!

Like it? Share with your friends!

0
Josevina Gaby

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!