Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Anime Perfect Blue

Analisa Perfect Blue (1997), Anime Karya Satoshi Kon yang Tergila!

Mungkin anime dengan genre comedy, romance, school of life, action sudah biasa. Namun bagaimana dengan anime genre thriller-psychology?. Genre itu sudah banyak, dan salah satunya yaitu Anime Perfect Blue (1997) karya Satoshi Kon yang tergila.

Sudah ada yang tahu mengenai film anime satu ini?

Diadaptasi dari novel karya Yoshikazu Takeuchi (1991), film ini bercerita tentang seorang Mima Kirigoe, anggota Girlgroup Idol Japan bernama CHAM!. Namun karena dirasa kurang sukses, maka pihak agensi memutuskan membawa Mima ke jenjang karir yang lebih tinggi sebagai seorang aktris.

Dan memang saat itu, debut sebagai aktris professional memang menjanjikan. Tetapi, keputusan yang diambil pihak agensi nyatanya membawa Mima dalam masalah yang ada pada dirinya sendiri dan fansnya.

Mima mulai merasakan banyak tekanan dari perjalanan karirnya itu. Terlebih ketika Mima menjadi salah satu pemain film Double Bind. Sang sutradara menempatkan Mima sebagai karakter yang melakukan adegan dewasa.

Ditambah ketika Mima memutuskan untuk mengikuti pihak agensi dan mengatakan ia akan berhenti sebagai idol, beberapa fans Mima tidak menerima. Termasuk salah satu fans berat Mima, Me-Mania.

Baca Juga  7 Rekomendasi Anime Romance Dengan Cerita yang Anti Mainstream!

Mima pun mulai merasakan hal-hal aneh seperti mendapatkan fax bertuliskan “Pengkhianat”, surat aneh yang berujung maut, situs khusus yang dibuat untuk Mima yang terlihat menyeramkan, hingga satu-persatu orang-orang yang disekitar Mima terbunuh dengan mengenaskan.

Selain itu, Mima semakin dibuat bingung dengan kenyataan yang hadir dalam hidupnya serta halusinasi yang seolah menyatu dalam pikirannya. Ia semakin tenggelam dalam delusinya dan tidak tahu lagi mengenai dirinya sendiri.

Lantas, apa keistimewaan Perfect Blue hingga ia pantas disebut anime besutan Satoshi Kon yang tergila? Berikut penjelasannya dari Yunoya Media!

1. Tentang Plot Twist serta Point of View dari Setiap Karakternya

Me-Mania, salah satu karakter dalam Perfect Blue.

Kita akan melihat dari sudut pandang Mima sebagai seseorang yang ingin semakin dikenal publik lewat pergantian karirnya. Lalu dari pihak agensi yang menginginkan keuntungan banyak dari aktrisnya walau harus mengorbankan jati diri sang aktris.

Dari segi sudut pandang Rumi Hidaka, manajer Mima yang dulu seorang mantan idol grup, yang sangat menyayangkan keputusan Mima karena sebelum debut sebagai idol, Mima datang ke Tokyo ingin sebagai penyanyi bukan sebagai aktris profresional.

Baca Juga  Supermoon Comics, Label Komik Lokal Paling Variatif

Lalu sudut pandang sutradara Double Bind serta Fotografer Mima yang menganggap bahwa Mima hanya sebuah boneka yang dapat mereka suruh untuk melakukan hal apapun. Hingga sudut pandang dari Me-Mania yang tidak terima jika idol-nya berhenti menjadi seorang penyanyi dan masuk ke dunia aktris yang begitu vulgar.

Film satu ini memiliki plot twist yang dapat dikatakan sangat membingungkan namun tetap terlihat halus dan menyatu dengan keseluruhan isi cerita. Plot twist yang dihadirkan dalam anime Perfect Blue membawa perspektif yang berbeda-beda ketika menontonnya.

Perfect Blue membawa realita, halusinasi atau imajinasi, dan ekspektasi yang berbaur sehingga menghadirkan plot twist yang memang membuat penonton berpikir mengenai bagaimana alur cerita akhir yang sebenarnya dalam film anime ini.

Jika kalian mengetahui film Black Swan, anime satu ini memiliki kasus cerita yang serupa dengan Black Swan. Kalian pun akan sedikit kebingungan dengan gambaran visualnya yang sempurna, apakah ini sebuah kenyataan atau halunisasi saja?


Masih penasaran dengan keistimewaan Perfect Blue? Ayo buka halaman selanjutnya!

1 2»

x
error: Maaf ya