Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Sumber: Google

Yuk, Kenalan dengan Top 5 Soto Terfavorit di Indonesia!

Soto telah menjadi kuliner yang populer di Indonesia. Setiap daerah pun memiliki citarasa khas yang membedakan satu soto Indonesia dengan soto lainnya.

Karena setiap daerah memiliki perbedaan tersendiri, maka membuat cita rasanya jadi unik.

Yuk, kita lihat top 5 soto favorit orang Indonesia!

1. Soto Lamongan

soto indonesia
Sumber: Google

Kuliner satu ini menawarkan sensasi segar dan gurih. Soto lamongan menggunakan ayam kampung suwir, bihun, kol, dan bawang goreng sebagai isiannya. Tidak lupa dengan taburan bubuk koya diatasnya sebagai penambah rasa.

Bagi yang belum tahu, koya adalah campuran kerupuk udang dan bawang putih goreng yang telah dihaluskan. Wah, kebayang ya rasa gurihnya!

2. Soto Lenthok

Sumber: Google

Soto yang merupakan salah satu favorit warga Yogyakarta ini memiliki kuah dan isian yang tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya, yaitu kuah kuning, suwiran ayam, daun bawang, dan kol.

Nah, yang menjadi ciri khas adalah lenthok yang disajikan bersamaan dengan soto. Lenthok adalah perkedel singkong yang diberi bumbu, kemudian digoreng. Rasanya yang gurih lezat cocok sebagai teman makan soto.

3. Soto Bandung

Sumber: Google

Kuah yang ada di kuliner satu ini berbeda dengan yang lainnya. Jika biasanya soto lain berwarna kuning, soto bandung memiliki kuah yang cenderung bening seperti sup. Eits, jangan tertipu dengan warnanya ya!

Walaupun bening, rempah-rempah yang dimasukkan ke dalamnya membuatnya kaya rasa. Isiannya berupa potongan lobak, daging sapi, tomat, dengan tambahan kacang kedelai goreng.

4. Soto Medan

soto indonesia
Sumber: Google

Soto medan dikenal memiliki kuah yang lebih kental dibanding yang lainnya.  Isiannya bisa berupa daging sapi, ayam, ataupun udang yang ditambah dengan potongan telur, tomat, emping, dan perkedel kentang.

Kuah kental dan berempahnya membangkitkan selera makan, apalagi dengan aroma khas kapulaga yang menonjol.

5. Soto Betawi

soto indonesia
Sumber: Google

Kuliner khas Betawi ini memiliki ciri khas berupa kuah dengan tambahan santan atau susu, irisan daging sapi, dan jeroan sebagai isiannya. Tidak lupa pendamping lainnya seperti kentang, tomat, dan emping menambah kenikmatannya.

Walaupun terdengar berat, hidangan soto ini cukup aromatik karena menggunakan rempah berupa pala, cengkeh, dan kapulaga.

Selain lima soto diatas, masih banyak lho, jenis-jenis soto di Indonesia! Mana yang jadi favoritmu nih?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

error: Maaf ya