Foodypedia #06: Kenali 5 Jenis Pasta Sebelum Memasak!


Pasta terbuat dari campuran tepung semolina, air, dan telur sehingga berwarna kuning cerah. Bagi yang belum tahu, tepung semolina adalah hasil gilingan biji gandum durum.

Di Italia, pasta bisa dibuat langsung di tempat ataupun dikeringkan agar bisa disimpan lebih lama. Pasta seringkali dibentuk sesuai dengan kebutuhan masing-masing restoran, sehingga ada banyak variasi pasta yang bermunculan.

Penasaran dengan jenis-jenis pasta yang paling terkenal? Yuk, kita lihat artikel dibawah!

1. Spaghetti

Sumber: Google

Siapa sih yang tidak kenal dengan pasta satu ini? Karena bentuknya yang panjang, spaghetti seringkali disebut sebagai mi italia karena kemiripan bentuknya.

Secara tradisional, pasta ini disajikan dengan saus marinara dan keju parmesan. Namun seiring perkembangan zaman, spaghetti dipadukan dengan saus Bolognese, yaitu saus tomat dengan tambahan daging cincang.

Baca Juga  Cara Merencanakan Renovasi Rumah dengan Mudah dan Efisien

2. Penne

Sumber: Google

Berasal dari Bahasa Latin penna, yang berarti “bulu” ataupun “pena” karena bentuknya yang silinder diagonal menyerupai pena.

Ada 2 jenis penne, yaitu penne lisce yang memiliki permukaan mulus dan penne rigate yang permukaannya bergaris. Pada umumnya penne cocok dipadukan dengan semua jenis saus karena bentuknya yang sederhana dan fleksibel.

3. Fettucine

Sumber: Google

Pasta satu ini berbentuk panjang pipih menyerupai kwetiau yang sudah biasa kita lihat. Fettucine biasanya diolah dengan saus yang memiliki tesktur creamy.

Namun, banyak pula yang mengkreasikan menu ini dengan saus dan bahan-bahan lainnya.

4. Macaroni

Sumber: Google

Di Indonesia, biasanya macaroni diolah menjadi isian sup nih! Bentuknya yang seperti pipa kecil dan bengkok berbentuk busur menjadikannya cocok diolah dengan saus creamy. Salah satu olahan yang paling terkenal adalah menu mac & cheese, yaitu macaroni yang diolah dengan saus putih, kemudian ditaburi remahan roti dan dipanggang hingga keemasan.

Baca Juga  Ini 4 Varian Sereal dengan Rasa Aneh dan Unik! Ada Rasa Daun Bawang!

5. Ravioli

Sumber: Google

Jenis pasta ini berbeda dari biasanya nih. Ravioli merupakan lembaran pasta tipis yang tengahnya diberi isian menyerupai pangsit. Menu ini biasa dipasangkan dengan saus yang cenderung ringan, seperti aglio olio ataupun butter.

Ternyata banyak jenis pasta beraneka ragam ya! Mana yang jadi pilihanmu, foodies?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


gogumaa

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals