Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
american dan japanese cheesecake
Sumber: Google

FoodyPedia #08: Ini Perbedaan American VS. Japanese Cheesecake!

Ayo, foodies yang gemar menyantap makanan penutup satu ini angkat tangan! Cheesecake memang telah terkenal sejak lama karena tekstur dan rasanya yang nagih. Ada 2 jenis yang paling terkenal, yaitu American dan Japanese cheesecake. Yuk, kita lihat perbedaannya!

1. Tekstur

Sumber: Google

Perbedaan pertama yang langsung terlihat adalah teksturnya. American cheesecake memiliki dasar berupa Graham crackers yang telah dihancurkan, dan di bagian tengahnya terdapat lapisan adonan cream cheese yang berlimpah. Lapisan ini cenderung padat dan terasa penuh ketika dipotong.

Sumber: Google

Sedangkan versi Jepangnya bertekstur fluffy dan empuk seperti bantal. Warna permukaannya yang kuning kecokelatan semakin menambah daya tarik cheesecake satu ini.

2. Rasa

Sumber: Google

American cheesecake memiliki rasa yang penuh dan padat ketika disantap. Aroma dan citarasa cream cheese yang manis gurih berpadu dengan crumble crackers yang ada dibawahnya menjadi paduan yang sempurna.

Diatasnya seringkali ditambah dengan berbagai macam topping, seperti buah segar ataupun selai buah sebagai penyeimbang rasa.

Sumber: Google

Japanese cheesecake memiliki rasa cream cheese yang lembut, ditambah dengan aroma susu dan harumnya vanilla. Biasanya topping tidak ditambahkan di bagian atas kue, namun dijadikan sebagai variasi rasa, seperti cokelat, matcha, dan lain-lain. Japanese cheesecake memang lebih menonjolkan aroma cream cheese dan vanilla yang sederhana.

3. Proses Pembuatan

american japanese cheesecake
Sumber: Google

American cheesecake melewati proses pemanggangan yang singkat, bahkan ada variannya yang tidak dipanggang sama sekali, alias no-bake cheesecake.

Crumble crackers yang dipadatkan menjadi dasar kokoh, kemudian adonan cream cheese ditambahkan sebagai lapisan kedua. Kue lalu dimasukkan ke dalam kulkas agar terbentuk sempurna.

american japanese cheesecake
Sumber: Google

Kebalikannya, Japanese cheesecake disajikan hangat-hangat setelah keluar dari oven. Proses yang membuatnya empuk adalah tahap pengocokan putih dan kuning telur yang dilakukan secara terpisah.

Putih telur dan gula dikocok hingga mengembang, setelah itu barulah bahan-bahan lain seperti kuning telur dan vanilla ditambahkan ke dalamnya. Kemudian kue dipanggang di oven dan siap disajikan.

Sumber: Google

Wah, ternyata ada perbedaan yang cukup menonjol ya foodies! Kamu team mana nih, American atau Japanese cheesecake?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

error: Maaf ya