Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?

8 Cara Masuk Pasar Internasional Agar Bisnismu Berjalan Mulus!

Banyak pemilik bisnis tentunya ingin produk atau brand asli Indonesia memasuki Pasar Internasional. Pemilik bisnis yang berpengalaman akan mencari cara masuk Pasar Internasional sekaligus memperluas jangkauan market mereka. 

Nah, untuk menjangkau pasar global ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan saat membuka bisnis sendiri, termasuk hambatan yang nantinya akan memberatkan para pebisnis yang ingin menjangkau pasar secara global. Hal ini juga berlaku untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memiliki keterbatasan sumber daya.

Rintangan yang sering dilalui oleh pemilik bisnis yang ingin menjangkau dunia Internasional umumnya berhubungan dengan keterbatasan modal, kualitas produk yang rata-rata, produk yang kurang bervariasi, hingga hambatan bisnis karena tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan untuk menjangkau Pasar Internasional. 

Artikel ini akan membahas bagaimana sih langkah yang betul untuk masuk Pasar Internasional, berikut adalah beberapa langkah agar kamu yang ingin membuka bisnis sendiri dapat memasarkan produk lokal milikmu untuk menembus pasar global. 

Cara Menembus Pasar Internasional

Cara untuk menembus pasar global tentunya tidaklah mudah, namun  dapat dilakukan apabila serius ingin mempengaruhi pasar dunia. Memasuki pasar dunia ini tidak mudah dikarenakan standar pasar global dan persyaratan masuk sungguh tinggi, di sisi lain pasar dunia juga sangat ketat dengan persaingan.

Berikut adalah beberapa cara agar kamu dapat bertahan dan memasuki Pasar Internasional dengan performa yang baik.

1. Pelajari Regulasi dan Persyaratan 

Cara Masuk Pasar Internasional

Sebelum terjun ke pasar dunia, coba pahami regulasi dan aturan dalam perdagangan dunia. Seperti misalnya produk apa yang boleh diperjual belikan, didistribusikan, pajak, dan yang terakhir mekanisme perdagangan yang akan dijalankan.

Mempelajari regulasi dan persyaratan bisa dibilang sangat kompleks, namun mempelajari persyaratan ini termasuk penting. Tidak teliti dalam mendalami persyaratan dapat menimbulkan kerugian di transaksi dan perdagangan yang sudah terlanjur dijalankan, misalnya produk yang tertahan di bea cukai karena tidak memenuhi persyaratan bea cukai.

2. Memperhatikan Tren Dunia dan Marketplace

Cara Masuk Pasar Internasional

Pertama-tama usaha milik pemilik bisnis, baik itu UKM ataupun dan jenis usaha lainnya tetap harus memperhatikan tren dunia. Jenis produk yang dibutuhkan oleh pasar dunia sangatlah banyak, namun hanya beberapa yang populer diperbincangkan dan diminati oleh banyak orang. 

Setelah riset mendalam, temukan negara yang ingin dituju oleh dan ciri-ciri dari pasar negara tersebut. Secara logis dan idealnya, melakukan riset tentang karakteristik pasar yang akan dituju akan sangat membantu pebisnis dalam mempersiapkan keperluan usaha lebih matang. 

Sehingga barang yang diperjual belikan lebih cepat laku dan memberikan keuntungan yang memuaskan. Selain itu, riset yang mendalam dapat meningkatkan daya saing pemilik bisnis untuk bertahan dan menembus pencapaian kompetitor. 

Informasi dan riset yang dibutuhkan untuk menembus pasar luar negeri dapat didapatkan dengan cara melihat perkembangan tren masyarakat luar negeri yang dapat diamati di marketplace Internasional.

Contoh marketplace Internasional yang dapat dijadikan bahan untuk riset pasar:

  • Amazon
  • AliExpress
  • eBay
  • Etsy
  • Rakuten
  • Best buy
  • dll

Masih banyak marketplace yang dapat dijadikan referensi untuk mengetahui apa yang diminati oleh konsumen Internasional.


Ayo simak halaman selanjutnya untuk cara lain menembus Pasar Internasional

1 23»
error: Maaf ya