Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?

Indikator Kepuasan Pelanggan, Komponen Terpenting dalam Bisnis

Indikator kepuasan pelanggan merukapak komponen yang sangat penting bagi pengusaha yang ingin membuat bisnis atau usaha mereka. Bisnis mereka berjalan lancar apabila pemilik usaha memperhatikan kepuasan pelanggan saat menerima produk atau jasa yang diberikan. 

Jika konsumen puas dengan produk atau jasa yang diberikan, mereka bisa menjadi calon pelanggan tetap yang setia terhadap satu perusahaan. Karena itu sebagai pemilik usaha, memperhatikan kepuasan konsumen sangatlah penting untuk merencanakan rencana bisnis kedepannya.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian dan kegunaan dari mengetahui indikator kepuasan konsumen bagi kamu yang ingin membuat usaha atau bisnis sendiri!

Pengertian Indikator Kepuasan Pelanggan

indikator kepuasan pelanggan

Pengertian kepuasan Pelanggan adalah level atau tingkatan kepuasan konsumen setelah membandingkan jasa atau produk yang diterima dari sebuah badan usaha apakah sesuai ekspektasi. Nah, dari menilai kepuasan konsumen dan meningkatkan ekspektasi konsumen dapat menjadikan mereka menjadi pelanggan tetap yang setia. 

Kevin Lane Keller dan Philip Kotler, kedua tokoh yang memiliki skill di manajemen marketing berpendapat lewat buku Manajemen Pasar bahwa kepuasan konsumen adalah perasaan kecewa atau senang setiap individu setelah membandingkan kinerja produk yang dipikirkan sesuai dengan kinerja produk yang diharapkan. Kepuasan konsumen adalah komponen penting setiap perusahaan agar perusahaan berjalan lancar.

Memperhatikan peningkatan level kepuasan konsumen sangat berguna di dunia persaingan bisnis. Perusahaan dengan level kepuasan pelanggan yang tinggi cenderung lebih unggul dibandingkan pesaing usaha lainnya. Tidak hanya meningkatkan, perusahaan juga harus mampu menjaga stabilitas level kepuasan pelanggan untuk tetap tinggi.

Volume kepuasan pelanggan yang tinggi meningkatkan sales penjualan perusahaan agar aliran kas mengalir deras. Nah, faktor apa saja yang dapat meningkatkan level kepuasan pelanggan? Berikut adalah penjelasan buat kamu mengenai faktor internal dan eksternal perusahaan.

Faktor yang Menjadi Indikator Kepuasan Pelanggan

Faktor kepuasan pelanggan dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal perusahaan. Hal yang harus diperhatikan perusahaan dalam mengamati kepuasan pelanggan adalah:

1. Kualitas Produk atau Jasa

Pemilik usaha tidak hanya sekedar membuat bisnis atau badan usaha, namun juga harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diperjual belikan ke konsumen agar konsumen menjadi pelanggan tetap badan usaha tersebut.

2. Kualitas Customer Service

Kualitas pelayanan kebutuhan konsumen juga menjadi nilai ukur kepuasan konsumen. Konsumen akan senang apabila mendapatkan kualitas pelayanan yang responsif dan ramah, sekaligus dapat membantu konsumen di saat keadaan darurat 

3. Harga

Harga produk atau jasa yang diberikan sesuai dengan nilai produk atau jasa yang ditawarkan. Konsumen juga senang dengan harga barang atau jasa yang relatif murah. Apalagi jika perusahaan menerapkan strategi promosi yang menarik perhatian konsumen untuk membeli produk atau jasa milik perusahaan.

4. Aksesibilitas yang Mudah

Konsumen mudah mendapatkan jasa atau produk tanpa biaya tambahan dan usaha tambahan. Hal ini membuat aksesibilitas lebih mudah didapatkan dan praktis

Nah, kamu sebagai pengusaha juga harus tahu mengenai jenis kepuasan pelanggan yang akan kamu temui saat membuat bisnis.


Mau tahu soal indikator kepuasan pelanggan lebih dalam? Ayo balik ke halaman kedua!

1 23»

error: Maaf ya