0

Foodies pasti sudah sering mendengar kedua menu ini kan di resto cepat saji ala Jepang? Biasanya yakiniku dan teriyaki disajikan dengan ciri khas restoran masing-masing. Tapi apa perbedaan Yakiniku dan Teriyaki?

Ada yang menambahkan jahe pada bumbunya, ada pula yang menyajikannya dengan teknik memasak khusus, dan lainnya lagi.

Buat kamu yang masih bingung mau pesan menu yang mana, yuk kita lihat dibawah!

1. Teriyaki

Sumber: Google

Kuliner ini terdiri dari dua kata yakni “teri” yang artinya mengilap dan “yaki” yang artinya dibakar.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa teriyaki merupakan olahan daging yang dipanggang atau dibakar dan dioles saus diatasnya hingga hasil akhirnya mengilap.

Bahan dasar teriyaki tidak terbatas hanya pada daging sapi loh! Ayam, salmon, cumi, udang, ataupun jenis daging lainnya bisa diolah menjadi kuliner menggiurkan satu ini. Biasanya daging dipotong/difillet terlebih dahulu, lalu di marinate sebentar dengan bumbu, dipanggang, kemudian dioles bumbu lagi saat proses pemanggangan.

Baca Juga  Manfaat Detoksifikasi Digital, Menjadi Lebih Fokus pada Dunia Nyata

Bumbunya sendiri terdiri dari shoyu (kecap asin Jepang), gula, dan mirin. Ada pula versinya yang menambahkan bahan-bahan lain, seperti madu, perasan jeruk, dan jahe sebagai penambah rasa. Teriyaki memiliki citarasa manis-gurih dengan rasa manis yang lebih mendominasi.

2. Yakiniku

Sumber: Google

Berasal dari kata “yaki” yang berarti dibakar dan “niku” yang artinya daging, kita bisa artikan dengan daging yang dibakar. Menu ini lebih sering dikenal dengan sebutan Japanese Barbeque.

Bahan dasar dan bumbu yang digunakan kurang lebih sama dengan teriyaki, namun pada yakiniku terdapat tambahan biji wijen yang telah disangrai, sehingga menambah rasa dan aroma gurih. Itu yang membuat perbedaan Yakiniku dan Teriyaki jadi sedikit terasa.

Baca Juga  Yuk Intip Cara Membuat Dalgona Coffee Anti Gagal dari Yunoya Media!

Cara masaknya pun berbeda dengan teriyaki. Daging untuk yakiniku melalui proses marinate yang lebih lama agar bumbunya meresap, kemudian dibakar langsung tanpa olesan. Yakiniku memiliki citarasa gurih-asin, dengan rasa gurih yang mendominasi dari biji wijen sangrai. Tambahan aroma khas bakaran menjadi poin unggul yakiniku menurut para penikmatnya.

Meskipun berbeda, masing-masing kuliner ini punya citarasa khasnya sendiri. Nah itu perbedaan Yakiniku dan Teriyaki. Kamu tim mana foodies? Pilih teriyaki yang manis gurih, atau yakiniku yang penuh aroma gurih khas wijen?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Like it? Share with your friends!

0
gogumaa

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!