Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Tips Menggelar Acara Amal

Tips Menggelar Acara Amal agar Sukses dan Menarik untuk Massa

Menggelar acara amal merupakan hal yang baik, terutama di saat pandemi COVID-19 masih ramai diperbincangkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari masyarakat. Nah, Yunoya akan memberi tips menggelar acara amal bagi kamu yang ingin membuat perubahan dan berbuat kebaikan kepada sesama di saat masa kesulitan seperti pandemi COVID-19.

Nah, tentunya kamu sendiri juga harus berhati-hati dalam membuat rencana untuk menggelar acara amal agar sukses dan memotivasi massa untuk membuat perubahan dan membantu sesama yang sedang kesulitan secara mental maupun finansial.

Yuk simak tips menggelar acara amal yang sukses dan menarik!

1. Jelaskan Tujuan Acara dengan Jelas

Tips Menggelar Acara Amal

Nah, tentunya kamu pasti memiliki suatu tujuan, seperti visi dan misi yang ingin dicapai dari acara amal ini. Ketika tujuan dari acara amalmu jelas, pastinya banyak orang akan tertarik dan ikut acara tersebut karena kejelasan dan detail yang dijelaskan dengan terperinci. Selain menyampaikan tujuan acara, kamu juga dapat mempromosikan acara ini ke publik dengan bantuan promosi.

Usahakan acara yang kamu gelar ini memiliki tujuan lebih dari satu. Mengapa begitu? Karena tujuan-tujuan tersebut akan membuat organisasi atau acara kamu lebih terlihat serius dan genting. 

Selain menjelaskan tujuan acara, kamu juga tentunya harus menyadarkan pentingnya permasalahan tersebut apabila tidak ditangani dengan baik. 

Misalnya, kamu membuat acara amal tentang “donasi pasar lokal akibat dampak COVID-19”, maka kamu perlu menjelaskan dengan terperinci sambil menyadarkan bahwa tanpa adanya bantuan donasi dari masyarakat, pasar lokal malah bisa menghilang karena tidak ada pemasukan dari luar sehingga mengganggu alur jalannya perekonomian lokal Indonesia.

2. Promosi 

Promosi ini adalah salah satu langkah penting yang harus kamu pikirkan setelah kamu dapat mendefinisikan tujuan, visi, dan misi dari acara yang kamu gelar ini. Di era serba digital ini, kamu dapat mempromosikan acaramu di sosial media dan website. Bahkan ada beberapa website membolehkan kamu untuk membuat website dengan gratis seperti contohnya wix.com. 

Namun, tetap saja pengaruh sosial media tetaplah hal yang menakjubkan dibandingkan website. Sebagai pemilik bisnis, pembuat acara amal, maupun artis, sosial media ini adalah keharusan. Hal ini karena sosial media memiliki pengaruh besar di kehidupan serba digital ini. 

Sosial media terbagi menjadi beberapa seksi, tentunya dengan target audiens yang berbeda. Misalnya Facebook, umumnya Facebook ini digunakan oleh orang dewasa yang tidak terlalu melek teknologi jadi bisa disimpulkan bahwa Facebook populer dengan orang di kalangan usia berumur 30 keatas. 

Sedangkan Instagram umumnya digunakan oleh remaja dan orang dewasa di pertengahan umur dua puluh atau ke bawah. 

Nah, yang menarik lagi dari promosi via sosial media adalah beberapa sosial media dapat mempromosikan acara tanpa fee tambahan. Selain itu, sosial media juga dapat membantu kamu dalam merencanakan strategi marketing acara amal yang ingin kamu gelar. Misalnya post per minggu berapa kali agar post tersebut mencapai ke target audiens. 

Mempromosikan di platform lebih dari satu juga merupakan strategi yang mutakhir untuk menyadarkan masyarakat tentang keberadaan organisasi acara amalmu ini. 


Mau tahu tips lainnya? Ayo balik ke halaman kedua!

1 23»
x
error: Maaf ya