Review Film #Alive (2020), Invasi Zombie di Apartemen Sempit!


Setelah film Train to Busan dan serial Kingdom, Korea Selatan kembali menyajikan tontonan zombie lewat film #Alive.

Disutradarai Cho Il Hyung, film ini diangkat dari skrip Alone karya Matt Naylor. Ada dua bintang kenamaan Negeri Ginseng yang terlibat, yaitu Yoo Ah In (Burning) dan Park Shin Hye (Memories of Alhambra). Ceritanya berkisah perjuangan seorang gamer untuk bertahan hidup di apartemen yang diterjang wabah zombie.

#Alive sendiri telah tayang di negara asalnya pada 24 Juni 2020, sebelum lisensinya dibeli Netflix dan dirilis di platform streaming-nya pada 8 September 2020. Sebelum memulai debutnya, film ini pun sempat digadang bakal jadi film zombie istimewa lainnya dari Korea, menyusul Train to Busan. Benarkah demikian? Temukan jawabannya dalam review berikut ini!

1. Cerita

Berbekal latar belakang cerita di sebuah apartemen, #Alive memberikan keunikan tersendiri dalam menuturkan kisah invasi zombie.

Jika serangan zombie di tempat luas atau terbuka saja sudah bikin merinding, bayangkan saja bila serbuan mayat hidup ini terjadi di apartemen yang relatif sempit. Setting yang punya efek klaustrofobik ini pun berhasil dimanfaatkan filmnya dengan tepat, dan efektif untuk meningkatkan tensi ketegangan di kala serangan brutal zombie menyeruak.

Baca Juga  Margot Robbie akan Bintangi Film Terbaru Pirates of the Caribbean!

Menariknya, di tengah situasi filmnya yang mencekam, #Alive masih mempunyai momen-momen ringan pencair suasana. Mulai dari mendengarkan musik sambil berjoget, hingga merebus mie sambil mengobrol santai. Oh ya, ada pula content creator yang melakukan aksi nekat demi viewers, dan kita tahu apa akibatnya seseorang berbuat ngawur di tengah invasi zombi.

Sayangnya, momen-momen ringan tadi tidak cukup untuk meningkatkan kualitas cerita #Alive. Memang di satu sisi, film ini sukses menciptakan ketegangan yang bersumber dari serangan zombie yang bisa berlari cepat.

Namun di sisi lain, filmnya kurang menohok secara emosional, terlebih lagi alur ceritanya terkadang berjalan lambat dan sedikit membosankan. Seandainya bisa bermain lebih berani di bagian akhir, mungkin film ini akan lebih berkesan.

2. Karakter

#alive

#Alive memusatkan kisah survival-nya pada dua karakter yang melakukan isolasi untuk berlindung, yaitu Oh Joon Woo (Yoo Ah In) dan Kim Yoo Bin (Park Shin Hye).

Baca Juga  Cerita Anime Kakegurui di Netflix: Perjudian Legal di Ranah Sekolah

Joon Woo merupakan gamer yang cupu dalam bertahan hidup di tengah serangan zombie. Kadangkala ia membuat blunder yang bisa merugikan dirinya sendiri. Meski sempat putus asa, ada satu momen yang akhirnya membangkitkan Joon Woo, memberinya semangat untuk bertahan, dan mengubahnya jadi sosok lebih berani.

Sedangkan untuk Yoo Bin, perempuan ini punya cara lebih matang untuk menyiasati serangan zombie dengan cara memasang jebakan ala Home Alone. Yoo Bin juga sangat tahu bagaimana menghemat stok sembako, dan di pertengahan film ia unjuk kehebatan dengan menghajar beberapa zombie.

Kekuatan akting Ah In dan Shin Hye mungkin jadi salah satu kelebihan #Alive. Meski pengembangan karakter mereka kurang oke, ditambah hubungan karakter yang kurang dieksplor, Ah In dan Shin Hye tetap bisa tampil memikat dan menutupi kelemahan filmnya dengan penampilan mereka.


Ulasan #Alive masih berlanjut. Mari simak halaman kedua, guys!


Nova

Penyuka karakter antihero, dunia futuristik dan musik Taylor Swift.

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals