Makmum adalah film horor Indonesia yang diangkat dari film pendek berjudul sama karya Riza Pahlevi. Film ini disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu, dan diproduseri oleh Dheeraj Kalwani.

Setelah sukses dengan film Makmum pertama, yang berhasil meraih penghargaan rekor Muri. Dheeraj Kalwani mengatakan siap menggarap sekuel Makmum 2, dan menjalani syuting ditengah pandemi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Makmum 2

Makmum sendiri diangkat dari sebuah film pendek, karya Riza Pahlevi yang berhasil mendapatkan perhatian masyarakat dan mendapatkan penonton hingga 13 juta lebih di youtube.

Dalam film pendeknya, Makmum bercerita tentang seorang gadis yang ditinggal sendiri di asrama kampusnya, dan mengalami gangguan saat sedang shalat malam. Cerita ini dianggap cukup seram dan menakutkan karena begitu ‘Relate’ dengan permasalahan ketika hendak melaksanakan shalat malam.

Sedangkan Makmum yang digarap oleh Dheeraj Kalwani ini bercerita tentang kisah sebelum hal itu terjadi. Lebih kepada menjelaskan latar belakang kenapa Rini (Titi Kamal) dan teman-temannya bisa tinggal di asrama yang sepi dan terus-menerus diganggu oleh hal gaib. Dengan tidak menghilangkan daun-daun dalam film pendeknya.

Makmum 2

Film ini diperankan oleh Titi Kamal, Ali Syakieb, Tissa Biani, Bianca Hello dan Adila Fitri. Sedangkan untuk sekuel Makmum 2, dikonfirmasi bahwa Samuel Rizal akan menjadi pemain baru dan menemani Titi Kamal. Jika sebelumnya film ini disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu, untuk sekuel ke 2 Dheeraj Kalwani mempercayakan pada Guntur Soeharjanto.

Dheeraj mengatakan bahwa Makmum 2 ini tidak akan kalah menyeramkannya dengan film pertama. “Esensi ceritanya tetap tentang khusyuk tidaknya seseorang ketika shalat. Godaan orang shalat itu bisa beragam wujudnya, makmum hanya salah satunya” – Ungkap Dheeraj

Makmum 2

Selain tayang di Indonesia, film ini juga ditayangkan di dua negara lainnya yaitu Malaysia, dan Brunei Darussalam. Film ini bukan hanya sukses besar di Indonesia, tapi juga berhasil di negeri Jiran, Malaysia.

Menurut informasi, film Makmum berhasil meraih pendapatan 7,15 Juta Ringgit Malaysia atau sekitar Rp. 19,5 Miliyar selama 25 hari penayangan. Dan hal ini membuat film Makmum mendapatkan penghargaan rekor Muri sebagai film Indonesia yang paling laris di Malaysia pada tahun 2018-2019.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


AlyaSuwandi

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals