Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Sumber: Google

FoodyPedia #11: Ketahui Perbedaan Es Krim dan Gelato Disini!

Hayo, siapa yang suka dengan kedua dessert ini? Es krim dan gelato mudah ditemukan dimana-mana dan dengan berbagai rasa.  Tapi foodies tahu gak, apa perbedaan antara es krim dan gelato yang cukup umum ini?

Meskipun keduanya cukup mirip, tapi perbedaan antara es krim dan gelato itu ada, lho.

Yuk,  kita intip perbedaan keduanya dalam artikel  berikut ini!

1. Bahan Dasar

Sumber: Google

Ternyata, dari bahannya saja berebda nih! Sebenarnya, gelato dan es krim terbuat dari produk berbahan dasar susu (dairy), tapi komposisi yang digunakan berbeda. Es krim menggunakan krim, susu, dan gula. Ada juga yang menambahkan kuning telur ke dalamnya untuk menambah tekstur lembut.

Sumber: Google

Sedangkan gelato lebih didominasi susu sebagai bahan dasarnya. Hal ini membuat kandungan lemak dalam es krim lebih banyak gelato.

2. Cara Pembuatan

Sumber: Google

Proses pengadukan es krim dilakukan secara cepat. Bahan-bahannya pun dimasukkan banyak gelembung udara dalam jumlah besar agar adonan mengembang. Dalam proses ini, es krim bisa mengembang hingga 25-90% loh foodies! Hal inilah yang membuat es krim bertekstur lembut dan mudah hancur.

Baca Juga  Dessert dan Kepribadian? Intip Kepribadian Kamu Lewat Dessert Favorit!

Kebalikannya, gelato diaduk dengan kecepatan yang relatif pelan. Udara yang dimasukkan ke dalam adonan pun lebih sedikit karena pelannya kecepatan yang digunakan. Namun gelato tetap bisa mempertahankan tekstur lembutnya karena bahan baku yang digunakan dan sedikitnya udara yang dimasukkan.

3. Cara Penyajian

Sumber: Google

Es krim bisa disajikan dengan cara soft serve ataupun dengan scoop biasa. Teksturnya yang lebih creamy menjadikan es krim mudah di scoop dan disajikan.

Sedangkan gelato disajikan menggunakan sebuah alat yang bernama spade. Bagi yang belum tahu, gelato spade berbentuk seperti sendok dengan ujung yang tipis dan pipih. Bentuknya ini mendukung dalam proses penyajian gelato yang lebih lembut dan tidak terlalu berat.

Baca Juga  Ini Bedanya Rasa Cemas dan Takut Serta Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh!

Dengan alat inilah gelato bisa disajikan dalam bentuk-bentuk yang unik dan cantik seperti kelopak bunga mawar. Selain gelato spade, dessert ini juga bisa disajikan dengan scoop biasa.

Menyantap dessert manis nan dingin memang jadi pilihan banyak orang, apalagi dengan berbagai varian rasa yang disediakan. Ada loh, beberapa rasa gelato unik menggunakan kuliner khas Indonesia! Penasaran? Temukan jawaban di artikel berikutnya ya!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya