0

Semenjak kasus Corona yang meningkat, stigma kesehatan mental Indonesia kini mulai semakin menurun. Walaupun kesadaran masyarakat Indonesia dalam pentingnya kesehatan mental Indonesia kian meningkat, dibandingkan dulu di saat Indonesia masih meremehkan kesehatan mental. 

Beberapa orang mulai menjadi aktivis untuk menginisiasi kampanye tentang bagaimana sih caranya berpikiran terbuka tentang kesehatan mental dan gangguan jiwa. Dulu, pergi ke psikiater atau psikolog dianggap tabu karena kepercayaan adanya gangguan jiwa itu tabu. Namun, kini banyak komunitas, perkumpulan, dan forum sosial media yang membahas soal kesehatan mental.

Dengan banyaknya komunitas yang mulai menyadarkan pentingnya kesehatan mental, kepercayaan bahwa orang yang mengalami kesehatan mental sebagai penyakit yang gila sudah mulai berkurang. 

Penanganan Kesehatan Mental Indonesia Belum Maksimal

Masih banyak kasus yang melibatkan kesehatan mental seperti kasus Jonghyun, penyanyi dari Shinee yang memutuskan untuk mengakhiri nyawanya karena kesehatan mentalnya. Meskipun Jonghyun tiada, masih banyak orang menganggap penyanyi satu itu sebagai penarik perhatian. Padahal sebenarnya Jonghyun memiliki masalah kesehatan yang serius.

Forum media sosial bisa menjadi sumber informasi maupun kebencian, ada orang yang menganggap kesehatan mental adalah hal penting yang perlu ditangani, ada juga yang menganggap kesehatan mental sebagai berlebihan. Citra Jonghyun dalam sekejap terbagi menjadi dua, karena kasus bunuh dirinya. 

Stigma Kesehatan Mental yang Rapuh

Stigma Kesehatan Mental Indonesia

Ia mulai dipandang negatif dan lemah oleh beberapa orang, sedangkan beberapa lagi menganggap Jonghyun perlu dukungan. Nah, mungkin beberapa pertanyaan muncul tentang korban seperti Jonghyun.

Seperti mengapa korban tidak minta tolong orang lain, atau mengapa ia membiarkan dirinya terlarut oleh kesedihan. Hal ini karena meminta tolong bagi korban itu tidak mudah. Korban mungkin berpura-pura bahwa ia tidak apa-apa, sama seperti saat Jonghyun berinteraksi dengan fansnya.

Jonghyun terlihat baik-baik saja dan ia masih tersenyum ramah pada fansnya untuk menjaga imejnya. Berkarir menjadi penyanyi di boyband Shinee membuat Jonghyun harus membangun citranya sebagai idol. Nah, mengutip dari artikel VOA tentang kesehatan mental, Benny Prawira menyampaikan pendapatnya soal kesehatan mental.

Benny Prawira yang merupakan tokoh penting sebagai koordinator Into The Light menyampaikan bahwa stigma kesehatan jiwa masih rendah di negara 62 ini. Komunitas Benny ini bertugas sebagai pencegah terjadinya bunuh diri. Umumnya penderita kesehatan mental terlalu malu dan putus asa untuk meminta bantuan pada orang lain, sehingga hal yang diinginkan banyak terjadi.


Lanjutan dari artikel stigma kesehatan ada di halaman kedua ya!


Like it? Share with your friends!

0
Josevina Gaby

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!