Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
enola holmes

Review Enola Holmes (2020): Jangan Remehkan Adiknya Sherlock!

Selama ini karakter pendukung yang populer di kisah Sherlock Holmes mungkin adalah Dr. John Watson, Mycroft Holmes atau Irene Adler. Namun yang tidak banyak orang tahu, sebenarnya ada karakter lain yang kehadirannya tak kalah penting. Dialah Enola Holmes sang adik detektif legendaris.

Tak mau kalah dengan kakaknya, Enola juga punya kisah detektif sendiri yang tertulis di seri buku karya Nancy Springer. Bersama sutradara Harry Bradbeer dan penulis Jack Thorne, Netflix pun mencoba peruntungannya dalam mengangkat kisah Enola yang asing di telinga orang awam.

Hasilnya, keberanian studio pun ternyata berbuah manis, seiring Enola Holmes jadi film detektif yang memuaskan. Untuk mengetahui kualitas filmnya lebih lanjut, yuk simak review Enola Holmes di bawah ini!

1. Cerita

Film ini berkisah petualangan Enola mencari ibunya yang hilang tepat di hari ulang tahunnya. Namun di tengah aksinya untuk menemukan sang ibu, Enola juga dikejar dua kakak detektifnya lantaran kabur dari rumah.

Apa yang menarik dari Enola Holmes, ternyata ia tidak sekedar membawa misteri dan teka-teki yang menarik untuk dipecahkan. Karena lebih dari itu, filmnya juga mengeksplor para karakter penting sehingga kita mudah terpikat oleh mereka. Langkah ini pun berperan signifikan dalam membentuk kisah detektif yang seru, namun di saat bersamaan juga mengena di hati penonton.

Belum berhenti sampai disitu, Enola Holmes di luar dugaan juga memuat unsur politik dalam menyampaikan pesan feminisme. Sadar akan protagonisnya yang baru beranjak gede, film ini pun tak terlalu menggenjot unsur detektifnya sampai pada titik kompleks yang membuat berpikir keras. Karena itulah, nuansa ringan ini membuat alur cerita Enola Holmes terasa nyaman dan mudah diikuti.

Baca Juga  6 Daftar Anime yang Akan Segera Tayang di Netflix dalam Waktu Dekat!

Mengingat ia dieksekusi dengan penuh hati, sulit untuk menemukan kelemahan cerita Enola Holmes. Well, kalaupun ada yang kurang, mungkin itu atmosfer ringan yang bisa membuat pecinta film detektif serius nan kelam jadi kurang puas.

2. Karakter

Sejak pertama muncul, Enola langsung menjelma jadi karakter yang mudah disukai. Jiwanya bebas, berwawasan luas, berotak encer, cerdik dalam menghadapi tantangan, dan bisa bela diri pula. Boleh dibilang, Enola memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi detektif hebat seperti dua kakaknya.

Menariknya lagi, gadis pemberani ini juga punya kebiasaan berinteraksi dengan penonton, yang menjadi nilai plus dari karakternya. Acungan jempol untuk Millie Bobby Brown, yang berhasil menghidupkan karakter Enola yang dinamis.

Baca Juga  Brad Pitt akan Bintangi Film Action dari Sutradara Deadpool 2!

Di lain pihak, Henry Cavill tampil mencuri perhatian sebagai Sherlock Holmes. Meski porsi perannya tak sebesar si adik, film ini sukses menciptakan kesan detektif jenius yang selama ini jadi ciri khas Sherlock.

Lalu di balik kepribadiannya yang aneh, ternyata Sherlock sosok kakak yang perhatian, dan selalu berusaha memahami sikap adiknya yang kerap melawan aturan. Sungguh kakak idaman, bukan?

Sementara untuk Mycroft Holmes (Sam Claflin), muncul sebagai detektif konservatif yang membawa konflik dalam kehidupan adiknya. Ada pula pemuda aristokrat bernama Viscount Tewkesburry (Louis Partridge), yang perannya tak kalah penting dalam perjalanan Enola untuk menemukan jati diri.


Simak lanjutan ulasan Enola Holmes di halaman kedua, guys!

1 2»
x
error: Maaf ya