Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?

8 Cara yang Perlu Dilakukan untuk Menghadapi Orang Depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja di dunia ini. Secara definisi, depresi adalah gangguan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan juga kehilangan minat secara terus menerus. Lalu bagaimana cara menghadapi orang depresi?

Depresi juga mampu mempengaruhi perasaan, pemikiran, dan juga perilaku seseorang yang dapat menyebabkan berbagai masalah emosional dan juga fisik. Sehingga orang-orang yang sedang depresi, setidaknya mereka mungkin kesulitan melakukan aktivitas normalnya sehari-hari, jauh lebih buruk lagi, orang-orang yang sedang depresi juga cenderung merasa hidupnya tidak berharga lagi.

Melalui catatan World Health Organization, setidaknya di diunia ini terdapat 264 juta orang yang mengidap depresi. Tidak berhenti di situ, setiap tahunnya, hampir sekitar 800 ribu orang meninggal dunia karena mengalami depresi yang berhujung dengan bunuh diri.

Cara Menghadapi Orang Depresi
Sumber: freepik.com/@Jcomp

Orang-orang yang mengidap depresi berhujung bunuh diri tersebut, didominasi oleh orang-orang yang berumur 15 hingga 29 tahun.

Baca Juga  Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Donat yang Paling Digemari!

Umumnya, orang yang sedang mengidap depresi kerap kali menunjukkan gejala-gejala yang bervariasi. Mulai dari terlihat sedih dan juga mudah menangis, berekspresi lebih pesimis atau putus asa tentang masa depan, berbicara tentang pribadi yang cenderung menyalahkan dirinya sendiri, tampak pelupa atau kesulitan berkonsentrasi, hingga selalu berbicara tentang kematian dan juga bunuh diri.

Setidaknya, gejala-gejala tersebut merupakan gambaran orang-orang yang sedang depresi. Perlu diingat, depresi merupakan penyakit yang sangat umum, sehingga dapat disimpulkan bahwa depresi bukan salah siapapun.

Baca Juga  Apakah Aman? Ini Dampak Menggunakan Masker Saat Berolahraga

Bagi orang-orang terdekat di sekitar yang mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan, setidaknya kita perlu melakukan beberapa hal untuk membantu seseorang melewati situasi tersebut, diantaranya adalah memberi dukungan dan juga pengertian.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan untuk orang-orang yang sedang depresi? Cara mendukung orang depresi menurut catatan Mayoclinic, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, ketika orang terdekat sedang mengalami depresi.


Penasaran apa saja cara menghadapi atau mendukung orang depresi? Pastikan kamu cek halaman selanjutnya ya!

1 2»

x
error: Maaf ya