Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Disabilitas Muda

Klobility Ajak Disabilitas Muda untuk Indonesia Inklusi!

Pada tanggal 24 Oktober, 2020 di Jakarta kali ini Klobility mengawali harinya dengan penuh semangat untuk merubah pandangan orang mengenai Disabilitas Muda. Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, Klobility mengundang tokoh-tokoh yang berperan penting dalam pergerakan Disabilitas Muda.

Narasumber Klobility kali ini bermacam-macam, mulai dari pendiri Precious One Ratnawati Sutedjo, Kepala Divisi Operasional yang menjalankan PT. Pegadaian (Persero) yaitu Bapak Sutrisno, Surya Sahetapy yang merupakan mahasiswa tunawicara, dan Ariana Putri yang berkarya di bidang musik.

Webinar “Disabilitas Muda Indonesia Inklusi” ini diadakan di Zoom dan pada pukul 08:00-10:00 WIB di tanggal 24 Oktober, 2020. Klobility menggelar webinar ini untuk membangkitkan semangat para penyandang disabilitas dan menaikkan kesadaran Indonesia akan peran Disabilitas Muda dalam peran kualitas SDM Indonesia.

Nah, berikut adalah beberapa ulasan dan cerita menarik soal tema webinar yang dijelaskan.

Perjalanan Menuju Kesuksesan Penyandang Disabilitas

Disabilitas Muda Sebagai orang awam, mungkin kita memiliki perspektif bahwa Penyandang Disabilitas tidak dapat atau memiliki kesulitan dalam dunia pekerjaan dan pendidikan. Hal ini memang betul, semua tergantung diri sendiri dan lingkungan yang positif. Pembicara Surya Sahetapy yang merupakan mahasiswa Rochester mengatakan bahwa tidaklah mudah bagi dia untuk menempuh pendidikan.

Surya Sahetapy memiliki motivasi untuk belajar bahasa Inggris, diawali dari kedatangan tamu yang mampu berbahasa Inggris di rumahnya. Hal ini mendorong Surya untuk mengejar pendidikan berbahasa Inggris. Dia sudah mencoba untuk mengaplikasikan diri di beberapa Universitas.

Sayangnya, beberapa Universitas tersebut menolaknya karena disabilitas yang ia miliki. Namun, kegigihan Surya Sahetapy membuahkan hasil di Amerika. Ia akhirnya mampu menempuh pendidikan di luar negeri yaitu di Rochester. Surya juga menjelaskan bahwa lingkungan di Rochester adalah lingkungan yang positif.

Sehingga hal tersebut, membantu Surya Sahetapy untuk maju dan berkembang. Surya Sahetapy menjelaskan bahwa ada penyandang disabilitas sebanyak 1000 lebih. Dibantu dengan typist dan notetaker sebanyak 400. 

Lingkungan yang positif juga merupakan peran yang penting untuk kemajuan para penyandang disabilitas, Surya berharap bahwa ia dapat membuat program yang memajukan penyandang disabilitas Indonesia dengan ilmu yang didapatkan dari Rochester.

Putri Ariani juga mendukung fakta ini. Dia mendapatkan dukungan mental dan fisik dari beberapa pihak seperti keluarga dan teman terdekatnya. Karena dukungan inilah Putri dapat berkarya sebagai penyanyi dan penulis lagu.


Tertarik dengan Webinar Disabilitas? Simak halaman kedua!

1 23»
x
error: Maaf ya