Stres dan kecemasan, mungkin merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari setiap orang yang ada di dunia ini. Berbagai cara pun dapat dilakukan agar terhindar dari stres, salah satunya adalah menulis jurnal.

Dengan menulis jurnal, seseorang biasanya melibatkan praktik untuk membuat buku harian atau jurnal. Hal itu berfungsi untuk mengeksplorasi pikiran, yang sudah terjadi di hidup seseorang.

Bagi sebagian orang memang terdengan membosankan, akan tetapi membuat jurnal merupakan salah satu alat untuk mengukur tingkat stres. Hal itu bisa bekerja dengan baik, jika dilakukan secara konsisten.

Lalu apa saja manfaat menulis jurnal?

Melalui laman Very Well Mind, salah satu upaya paling efektif seseorang untuk mengurangi stres dan kecemasan adalah dengan menulis jurnal. Karena dengan menulis perasaan dan pikiran secara rinci, seseorang bisa mendiskusikan topik dengan terapi, dan mendapatkan solusi melalui curah pendapat.

Sehingga, dengan merekam pikiran dan perasaan yang telah ditulis, seseorang mampu mengidentifikasi dan memproses emosi negatifnya sendiri. Hingga pada akhirnya orang tersebut mampu mengurangi stres dan juga kecemasan yang sedang dialami.

Sebuah peneliti Australia, pernah meneliti dan menemukan bukti tentang “menulis secara ekspresif”, temuan tersebut mencakup penulisan tentang efek peristiwa traumatis, terhadap kesehatan fisik dan mental.

Singkatnya, penelitian tersebut menjelaskan bahwasanya dengan menulis sebuah jurnal secara ekspresif, mampu menyebabkan penurunan tekanan darah, dan juga meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, dengan menulis jurnal, seseorang juga bisa memperbaiki suasana hati, mengurangi gejala depresi, meningkatkan daya ingat, dan juga banyak hal-hal positif lain tentunya.

Selanjutnya, penelitian tentang manfaat menulis jurnal juga pernah dilakukan di University of Minnesota. Mereka menemukan bahwa seseorang yang sering menulis jurnal, dapat membantu meningkatkan kesehatan mental serta fungsi sosial-emosional.

Karena pada dasarnya, ketika menulis jurnal secara ekspresif, memungkinkan seseorang untuk mengklarifikasi pikiran dan juga perasaan mereka, sehingga orang tersebut bisa memperoleh pengetahuan dirinya yang sangat berharga.

Selain itu, menulis jurnal juga merupakan salah satu alat yang sangat bagus untuk membantu seseorang memecahkan sebuah masalah di hidupnya. Sebab, seringkali seseorang mampu memecahkan sebuah masalah, dan menemukan solusi dengan mudah di atas kertasnya masing-masing.


Jangan lupa untuk terus  mengikuti update berita menarik seputar Lifestyle dan Pop culture   dari  Yunoya Media .    atau bisa juga lewat link yang ada di sini.


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals