Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Apa Itu Hatsune Miku
Sumber : Google Image

Apa itu Hatsune Miku? Ini Penjelasan dan Sejarah Terciptanya!

Apa sih itu Hatsune Miku? ~ Siapa sih yang ga kenal sama karakter yang satu ini? Ya bener banget, Hatsune Miku adalah sebuah artis virtual yang terkenal akan lagu-lagunya. Nah sebenarnya apa itu Hatsune Miku yang sebenarnya?

Hatsune Miku sebenarnya adalah sebuah Produk Perangkat Lunak yang menghasilkan suara nyanyian wanita. Hah? Beneran? Sebenarnya Hatsune Miku beneran Cuma perangkat lunak yang dijalankan di Pc?

Yah, memang tidak bisa dipungkiri bahwa Hatsune Miku hanyalah sebuah produk perangkat lunak yang dapat dibeli. Tapi kenapa? Jadi, awal terciptanya Hatsune Miku adalah adanya Perusahaan Crypton Future Media yang merilis Produk Hatsune Miku pada tanggal 31 Agustus 2007.

Apa Itu Hatsune Miku
Sumber : Google Image

Nama Hatsune Miku sendiri berasal dari bahasa Jepang yang Berarti pertama (初 hatsu), suara (音 ne), dan masa depan. Bila kata-kata tersebut digabungkan secara harfiah, artinya menjadi “Suara Pertama Dari Masa Depan”.

Hal ini juga menunjukkan Bahwa Hatsune Miku merupakan penyanyi pertama dari serangkaian penyanyi rekaan Character Vocal Series yang diproduksi oleh Crypton Future Media. Suara yang dimiliki Miku diambil dari suara Saki Fujita, dia adalah seorang pengisi suara dari Jepang.

Sebelum Miku dirilis, Vocaloid hanyalah program yang belum terkenal. Nico Nico Douga, sebuah situs video streaming di Jepang yang mirip YouTube memiliki peranan penting hingga perangkat lunak ini menjadi terkenal.

Nico Nico Douga
Sumber : Google Image

Segera setelah dirilis, pengguna Nico Nico Douga mulai menampilkan video yang berisi lagu yang dibuat dari Software tersebut tersebut. Menurut Crypton, sebuah video populer yang merupakan musik parodi, yang berisi Miku sedang memegang daun bawang dan menyanyikan lagu Ievan Polkka.

Baca Juga  Kamen Rider Gaim akan Hadirkan Spinoff Gaim Gaiden Baru

Hal ini menunjukkan bahwa Vocaloid Hatsune Miku ini bisa mempunyai banyak kemungkinan penerapan, meskipun pada awalnya Miku hanya dirilis untuk menyanyikan lagu-lagu berbahasa Jepang.

Melalui situs NND (Nico Nico Douga), para Software Hatsune Miku mulai bekerja sama, saling bertukar ide, menampilkan karya mereka yang masih setengah jadi, dan akhirnya diperbaiki oleh pengguna lain.

Apa Itu Hatsune Miku
Sumber : Vocaloid 4Life

Pada 18 Oktober 2007, sebuah forum Internet melaporkan bahwa Miku diduga menjadi korban sensor oleh mesin pencari Besar yang bernama Google dan Yahoo!, karena gambar Hatsune Miku tidak tampil dalam hasil pencarian.

Namun hal ini segera dibantah oleh pihak Google dan Yahoo, dan mereka menyatakan telah terjadi masalah dengan sistem pencarian yang mengakibatkan tidak hanya kata kunci “Hatsune Miku”, tetapi kata kunci lainnya tidak dapat ditampilkan.

Kedua perusahaan menunjukan niat mereka untuk segera memperbaiki dan mencari solusi untuk masalah Sensorship ini. Pada 19 Oktober, gambar dari Hatsune Miku mulai ditampilkan pada mesin pencarian Yahoo.

Apa Itu Hatsune Miku
Sumber : Google Image (Saki Fujita)

Pada tahun 2012, Hatsune Miku menjadi pemenang dari ajang Olimpiade London 2012 Lho! Dengan Kategori “Idola dan Ikon Virtual Yang Kamu Idolakan”. tetapi dengan kemenangan itu Hatsune Miku juga menjadi korban penghapusan massal video-video yang berkaitan di Youtube.

Kenapa? Itu karena pada waktu itu video Hatsune Miku dinilai tidak pantas oleh orang-orang walau faktanya tidak. Maksud dari penghapusan video-video tersebut adalah untuk membalas kekalahan yang dialami idol mereka yang ikut nominasi tersebut.

Baca Juga  7 Rekomendasi Anime Romance Dengan Cerita yang Anti Mainstream!

Para pecinta Vocaloid-pun berupaya mengunggah kembali video-video yang dihapus dan memberikan pesan untuk tersangka dibalik peristiwa penghapusan itu untuk tidak mengusik Hatsune Miku lagi.

Apa Itu Hatsune Miku
Sumber : Google Image

Jadi kesimpulannya adalah Hatsune Miku itu memanglah sebuah Virtual Artist tetapi tetap saja Hatsune Miku adalah sejenis Synthesizer yang diperjual belikan. Walau yang paling dikenal dunia itu Hatsune Miku.

Didunia ini masih banyak sekali Synthesizer- Synthesizer lainnya lho! Seperti Kagamine Rin/Len, Megurine, Kaai Yuki, Meiko, Kaito, dll. Dan setiap karakternya juga memiliki karakter suara yang berbeda, ya iyalah namanya Seiyyu-nya beda-beda :v.

Dan alasan kenapa banyak orang yang bisa memproduksi suara Hatsune Miku adalah karena Hatsune Miku itu bisa dibeli, dan jika kalian jomblo dan ingin ditemenin sama suara Hatsune Miku setiap hari kalian bisa beli juga synthesizer-nya dengan harga 17,600 Yen atau sekitar 2,4 Juta untuk satu Hatsune Miku V4X di link pembeliannya Beli Miku!

Another Vocaloid
Sumber : Google Image

Mungkin sekian dari gua, semoga informasi ini bermanfaat, dan mungkin di next artikel gua bakal bahas tentang anime yang mainstream seperti boruto, dan black clover. Terima Kasih sudah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk berlangganan artikel seputar animanga di yunoya.id ya! Janne, Minnasan!!


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya