Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Alternatif Pengganti Kopi
freepik.com/@lookstudio

5 Alternatif Minuman Pengganti Kopi Untuk Awali Harimu

Kopi merupakan salah satu minuman, yang paling banyak dipilih seseorang untuk mengawali harinya masing-masing. Dalam satu gelas cangkir kopi, sekiranya mampu menjaga suasana hati tetap baik, serta dapat meningkatkan konsentrasi pula.

Akan tetapi, mengkonsumsi kopi saat perut masih dalam keadaan kosong, dapat menyebabkan asam lambung naik, gangguan pencernaan, sakit kepala, hingga dehidrasi. Tidak hanya itu, bagi sebagian orang, mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan kegugupan.

Oleh karena itu, berikut adalah 5 alternatif minuman pengganti kopi, bagi Anda yang sudah mulai bosan mengkonsumsi kopi, untuk menjaga suasana hati Anda tetap baik. 

1. Teh Matcha

Alternatif Pengganti Kopi
freepik.com/@ededchechine

Teh matcha mungkin bisa menjadi alternatif Anda, untuk menggantikan kopi. Matcha merupakan salah satu tipe teh hijau, yang diproduksi dengan cara dikukus, lalu dikeringkan sampai membentuk bubuk matcha.

Umumnya, kafein yang terkandung di dalam matcha, memang jauh lebih tinggi ketimbang kafein yang ada di dalam kopi. Akan tetapi, matcha mengandung L-theanine; yakni sebuah kandungan asam amino, yang mampu menenangkan pikiran tanpa diikuti rasa kantuk.

Melalui laman Healthline, dengan meminum segelas matcha secara rutin, rupanya memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja memenuhi kebutuhan antioksidan, melindungi hati, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, hingga membantu menurunkan berat badan.

2. Air Lemon

Mengkonsumsi segelas perasan air lemon, dicampur air hangat, mungkin dapat menjadi alternatif Anda yang bosan mengkonsumsi kopi. Dalam segelas air lemon, terkandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan, segelas air lemon juga bebas dari kalori dan kafein.

Sehingga, vitamin C yang terkandung dalam air lemon ini, nantinya memiliki peran sebagai antioksidan yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, segelas air lemon juga mampu melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Anda juga bisa mencampurkan beberapa campuran lainnya dalam segelas air lemon, seperti timun, daun mint, dan berbagai macam pilihan-pilihan populer lainnya.

3. Jus Smoothie

Pilihan alternatif selanjutnya untuk menggantikan kopi, adalah smoothies. Jus smoothies memiliki banyak bahan alami dari buah-buahan dan juga sayur-mayur, yang sangat bagus untuk kebutuhan kesehatan tubuh sehari-hari.

Menurut Natalie Allen, seorang instruktur ahli diet dan ilmu biomedis dari Missouri State University pernah mengatakan, dengan campuran yogurt sebagai sumber protein dalam jus smoothie, mampu memberikan efek kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, jus smoothie juga sangat bagus untuk memulai hari dengan kandungan karbohidrat, fiber, serta antioksidan.

4. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel masuk ke dalam daftar selanjutnya, dalam alternatif minuman pengganti kopi. Cuka apel, mengandung non-kafein, terbuat dari apel yang difermentasikan, serta menghasilkan kandungan komponen yang biasa disebut asam astetat, yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah.

Ahli bedah ortopedi dari University of Toledo Medical Center, Anthony Koury, MD, mengklaim, bahwa asam astetat terbukti memiliki manfaat pada sensifitas insulin dan juga kadar gula darah.

Sehingga, Ia menyarankan agar sari cuka apel ini dapat dikonsumsi dengan air putih, karena asam yang terkandung dalam sari cuka apel juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi, jika dikonsumsi secara langsung.

5. Cokelat Panas

Alternatif Pengganti Kopi
freepik.com/@azerbaijan_stockers

Cokelat panas, menjadi alternatif terakhir pengganti kopi. Mungkin, bagi sebagian orang, cokelat panas baik dikonsumsi sebelum tidur pada malam hari, guna membantu rileksasi.

Rupanya, cokelat panas dapat disajikan sebagai minuman di pagi hari sebagai pengganti kopi. Dengan mencampurkan bubuk coklat ke dalam susu hangat, dapat menciptakan minuman pagi yang penuh antioksidan.

Tidak hanya itu, cokelat panas juga memiliki kandungan rasa yang sama seperti kopi, jika Anda meminumnya tanpa pemanis. Bubuk coklat juga mengandung magnesium yang dapat membantu otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks, serta membantu memperbaiki suasana hati.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya