Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?

Suaka Elang Loji: Tempat Wisata Konservasi yang Menawan

Suaka elang loji merupakan salah satu tempat wisata konservasi menawan yang ada di Kota Bogor yang direkomendasikan. Suaka elang memiliki fungsi sebenarnya yaitu sebagai lahan konservasi burung elang seiring berjalannya waktu tempat ini sering kali dijadikan tempat berkemah dan tempat berwisata alam.

Kesan alam yang begitu kuat belum lagi ditambah iringan merdu kicauan burung dapat membuat siapapun betah untuk berlama-lama disana.

Suaka Elang Loji memiliki ketersediaan fasilitas yang disesuaikan dengan pemandangan sekitar. Seperti adanya hammock untuk tempat bersantai menikmati indahnya pemandangan hutan pinus disini. Namun jika untuk berkemah teman-teman harus menyediakan peralatan kemah sendiri karena belum adanya tempat penyewaan peralatan kemah disini.

Memiliki Panorama yang menawan, tempat ini mampu memukau para pengunjung dengan sejumlah spot foto yang instagramable. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah jembatan gantung. Jembatan gantung ini berfungsi sebagai penghubung antara area camping dan kandang elang, jembatan ini memiliki tampilan menarik.

Kemudian beralih ke kandang elang, para pengunjung akan melihat burung-burung elang yang dilindungi disini secara langsung. Setidaknya, ada tujuh elang yang ada dilahan konservasi ini. Salah satunya adalah elang jawa.

Suaka Elang Loji Wisata Konservasi Menawan
nativeindonesia.com

Di sini, perkembangan elang dipantau dan diteliti, termasuk perilaku serta naluri berburunya sebelum nantinya dilepas kembali ke alam bebas. Suaka Elang Loji sendiri membagi kandang tersebut menjadi tiga bagian, yakni kandang transit, rehabilitasi, dan display. Namun dari ketiga bagian tersebut pengunjung hanya diperbolehkan mengunjungi kandang display saja. Sementara dua bagian lainnya dipergunakan khusus untuk kebutuhan penelitian.

Baca Juga  Yunoya Travel Series: Review Wisata Tretes di Jawa Timur

Tempat berikutnya yang tidak kalah menarik disini yaitu Curug Cibadak. Lokasinya hanya berjarak sekitar 60 menit berjalan kaki dari camping area. Curug dengan ketinggian 25 m memiliki pesona air yang jernih.

Suaka Elang Loji Wisata Konservasi Menawan
Domigado.com

Berada di Ciburayut, Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Suaka Elang Loji hanya berjarak 20 km dari pusat Kota Bogor. Adanya sejumlah fasilitas seperti mushola, toilet umum, dan warung makan dapat menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata yang sempurna. Untuk dapat tiba di tempat ini, pengunjung dapat  menempuh rutenya menggunakan kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil.

Apabila berangkat dari Kota Bogor, dapat mengawali perjalanannya menuju Kecamatan Cijeruk. Selanjutnya, teruskan perjalanan melalui Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan. pengunjung nantinya perlu melewati jalur Cihideung-Sukabumi hingga menemukan penanda jalan bertuliskan “Loji”.

Baca Juga  Informasi Tentang Kanker Usus Besar, Gejala, dan Pencegahannya

Mengikuti petunjuk tersebut, pengunjung akan memasuki kawasan perkampungan warga. Jalur yang akan dilalui berupa jalan aspal yang hanya dapat dilewati satu mobil. Lokasi Suaka Elang Loji berjarak ± 2 km dari kawasan tersebut. Medan jalan nantinya akan sedikit berubah menjadi jalan batuan sepanjang ± 500 m sebelum lahan parkir lokasi tujuan.

Para pengunjung akan dikenai harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan. Bagi pengunjung yang tidak menginap, akan dibebankan biaya tiket Rp20.000/orang dan Rp25.000/orang untuk yang akan bermalam. Begitu juga dengan urusan parkir. Untuk sepeda motor, tarifnya dipatok antara Rp10.000 – 30.000. Sedangkan mobil akan dikenai biaya Rp20.000 – 60.000. Ketentuan tarifnya pun tak berbeda dengan harga tiket masuknya.

Karena masih musim pandemi Covid-19 jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan ya! Bisa dilihat juga Tipsnya disini agar liburanmu tetap aman di sini dan pantau juga perkembangan Covid-19 di daerah yang akan kamu kunjungi di sini


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya