Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
perempuan tanah jahanam

Rekor Baru, Film Perempuan Tanah Jahanam Meraih 17 Nominasi di FFI 2020

Festival Film Indonesia 2020 telah merilis daftar nominasi yang akan memperebutkan piala citra 2020. Pada penyelenggaraan FFI yang ke-40 ini, ada 21 karya yang akan di apresiasi, salah satunya adalah film Perempuan Tanah Jahanam, karya Joko Anwar.

Pengumuman nominasi ini telah dilakukan secara virtual, melalui kanal youtube Festival Film Indonesia bersama Kemendikbud RI pada Sabtu 7/11/2020. Dan malam penganugrahaan Piala Citra akan dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2020 nanti.

Perempuan Tanah Jahanam

Dari 21 karya tersebut, Film perempuaan tanah jahanam karya Joko Anwar berhasil meraih 17 nominasi, dengan salah satunya adalah nominasi film terbaik. Hal ini jelas menjadi sejarah baru, dimana sinema Indonesia berhasil meraih 17 nominasi dalam Festival Film Indonesia.

Dalam twitternya Joko Anwar membagikan momen special itu melalui tweetnya:

“Terima kasih rekan-rekan asosiasi film Indonesia yang telah memberikan 17 nominasi Piala Citra untuk PEREMPUAN TANAH JAHANAM (IMPETIGORE) di Festival Film Indonesia 2020. Perempuan Tanah Jahanam memecahkan rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah FFI. Terima kasih banyak!” –Tulisnya dalam akun twitternya @jokoanwar.

Ia merasa amat bangga atas pencapaian ini, pasalnya dulu film horor seringnya hanya di pandang sebelah mata. Ada perbedaan kasta untuk film horor.

Baca Juga  Meraih Sukses Besar, Dee Company Garap Sekuel Makmum 2!

Dulu ada semacam pengastaan genre film, khususnya orde baruPerempuan Tanah Jahanam . Horor nyaris tak pernah dapat nominasi FFI khususnya di tiga kategori utama yakni Film, Sutradara, dan Skenario. Dulu, genre horor dipandang sebagai kasta rendah padahal kalau melihat lebih dekat, genre apapun termasuk horor bisa membuat industri film sebuah negara menggeliat dan dikenal luas,” – ungkapnya dalam wawancara dengan tim liputan6.com

Selain berhasil masuk nominasi Film Cerita Panjang Terbaik, Perempuan Tanah Jahanam juga masuk nominasi pemeran utama pria terbaik (Ario Bayu), Pemeran utama perempuan terbaik (Tara Basro), Sutradara terbaik dan masih banyak lagi. Maka dari itu, Joko Anwar terus mengucap terimakasih melalui akun sosial medianya.

Perempuan Tanah Jahanam

Hal ini juga mendapat banyak apresiasi dari masyarakat, mereka juga setuju dan ikut merasa bangga karena film Perempuan Tanah Jahanam berhasil meraih 17 nominasi.

Baca Juga  Amazon akan Membuat Serial The Promised Neverland Live-Action!

Dalam akun twitter @bicaraboxoffice, disebutkan selain PTJ ada beberapa daftar film karya Joko Anwar yang lain yang juga mendapatkan nominasi di FFI. Berikut daftarnya:

Gundala – 9 nominasi

Pengabdi Setan – 13 nominasi

A Copy of My Mind – 7 nominasi

Modus Anomali – 1 nominasi

Pintu Terlarang – 3 nominasi

Kala – 7 nominasi

Janji Joni – 9 nominasi

Diketahui sebelumnya, film ini bersaing ketat dengan dua film Indonesia lainnya berjudul Susi Susanti: Love All yang berhasil meraih 13 nominasi, dan film Imperfect: Karier, Cinta Dan Timbangan yang berhasil meraih 11 nominasi.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya