Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Segudang Manfaat Meditasi
freepik.com/@Jcomp

Kenali 5 Manfaat Meditasi, Sebuah Upaya untuk Hidup Jauh Lebih Baik!

Baru-baru ini kegiatan meditasi menjadi semakin populer, terlebih lagi di masa pandemi seperti saat ini. Melalui catatan National Library of Medicine mengatakan, ada segudang manfaat dari meditasi, seperti meredakan insomnia, dan lain-lain.

Selain itu, meditasi sendiri juga bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati dan menjadi lebih positif, untuk mendisiplinkan diri, pola tidur yang sehat, dan dapat meningkatkan toleransi akan rasa sakit.

Laporan yang berjudul A Randomized Controlled Trial of Mindfullness Meditation for Chronic Insomnia pernah menyebutkan, 6-20% orang dewasa menderita penyakit insomnia. Dan dengan bermeditasi, orang dewasa sekiranya mampu mengurangi gejala insomnia kronisnya sendiri.

Meditasi sendiri merupakan kegiatan yang berfungsi untuk melatih fokus dan mengarahkan pikiran untuk memiliki pandangan yang jernih, merasa tenang, dan meningkatkan konsentrasi. Meditasi memiliki beberapa tipe seperti meditasi kesadaran, meditasi spiritual, dan lain-lain.

Lalu, seberapa penting sih kegiatan bermeditasi itu? Apa saja manfaatnya? Yuk simak lebih lanjut manfaat dari kegiatan meditasi berikut ini!

1. Meredakan Stres

Segudang Manfaat Meditasi
freepik.com/@pressfoto

Salah satu alasan paling umum untuk seseorang mela kukan meditasi adalah mengurangi rasa stres. Stres pikiran dan stres fisik, mampu menyebabkan meningkatnya hormon stres yang biasa disebut dengan kortisol.

Baca Juga  FoodyPedia #12: 4 Gelato dengan Keunikan Kuliner Indonesia!

Melansir dari laman Healthline, kortisol sendiri merupakan hormon stress yang dilepaskan oleh kelenjar adrenal. Ketika kortisol diproduksi dengan jumlah yang banyak dalam kurun waktu yang lama, akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh seperti gangguan tidur, meningkatkan tekanan darah, dan gangguan kecemasan.

Dengan bermeditasi, seseorang mampu mengurangi penyakit peradangan, sebagai bentuk respons yang disebabkan oleh stres itu sendiri.

2. Mengontrol Gangguan Kecemasan

Beberapa penelitian pernah mengklaim, bahwasanya dengan melakukan berbagai latihan kesadaran diri dan meditasi dapat mengurangi tingkat kecemasan. Sekiranya, dengan melakukan kegiatan meditasi selama 8 minggu secara berturut-turut, dapat meredakan gejala kecemasan pada orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan umum.

3. Meningkatkan Kesehatan Emosional

Segudang Manfaat Meditasi
rawpixel.com

Kala seseorang sedang dihujani gangguan stres, tubuh secara otomatis akan merilis reaksi kimia yang biasa disebut sitokin: hal ini dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan yang paling buruk, depresi.

Sehingga, meditasi sangat perlu dilakukan, untuk mengarahkan diri untuk memiliki pandangan hidup yang lebih positif. Tidak hanya itu, dengan melakukan beberapa metode meditasi juga mampu mengatasi kesadaran diri, yang mampu memperbaiki gejala depresi itu sendiri.

Baca Juga  5 Olahraga Indoor untuk Kamu saat Stay At Home!

4. Meningkatkan Kesadaran Diri

Manfaat selanjutnya dari bermeditasi adalah meningkatkan kesadaran diri. Artinya, meditasi dapat membantu seseorang untuk mengerti lebih lanjut tentang dirinya sendiri-entah itu menjadi pribadi yang jauh lebih baik, dan lain sebagainya.

Hal ini pernah dilakukan oleh beberapa peneliti, yang melibatkan 153 orang dewasa yang menerapkan meditasi selama 2 minggu. Hasilnya, meditasi dapat membantu mereka mengurangi perasaan kesepian, dan meningkatkan upaya bersosial yang lebih tinggi.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kemudian yang terakhir, meditasi secara rutin juga terbukti membantu seseorang dalam meningkatkan kualitas tidurnya. Meditasi memiliki sifat relaksasi yang tinggi, sehingga mampu melepaskan ketegangan, yang mampu membuat tubuh menjadi lebih cepat untuk beristirahat.

Meditasi juga bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan, untuk orang dewasa yang memiliki jam istirahat yang terganggu. Dan dengan bermeditasi, sekiranya mampu membuat seseorang, memiliki kualitas tidur yang lebih lama, dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi secara berkala.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya