Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?

Penyesalan Hidup Tidak Selamanya Buruk, ini Alasannya!

Pasti kamu yang membaca saat ini pernah merasa menyesal ketika mengambil sebuah keputusan, mulai dari keputusan yang sederhana hingga yang begitu penting di kehidupanmu atau saat gagal dalam melakukan sesuatu.

Tidak berhenti sampai disitu saja, kamu juga pasti pernah akhirnya mengalami sebuah kekecewaan akibat kegagalan yang terjadi karena kesalahan saat mengambil sebuah keputusan diawal tadi.

Hal itu merupakan sebagian kecil dari perjalanan di hidupmu yang sudah membuatmu kecewa, malu, dan marah pada diri sendiri yang terakumulasi menjadi sebuah penyesalan berkepanjangan.

Selanjutnya pikiranmu akan diisi dengan berjuta-juta alasan seandainya yang malah membuatmu bingung pada diri mu sendiri.

Maka tak heran jika yang namanya pendaftaran itu berada di depan dan penyesalan itu datangnya belakangan tapi apakah penyesalan itu wajar terjadi? Sangat wajar, dan apakah setiap penyesalan berarti buruk? Nah di artikel kali ini Satu Persen akan membahasnya, maka di simak terus hingga akhir ya.

Apa Itu Penyesalan

Penyesalan
sumber: unsplash.com

Sebelum membahas lebih jauh terkait penyesalan berikut aku mau menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud penyesalan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Zeelenberg & Pieters (2007) dimana penyesalan merupakan emosi yang memberi arah pada suatu perilaku, dimana dapat digambarkan ketika sebuah ekspektasi yang kita miliki tidak sesuai pada kenyataan yang terjadi. 

Sejalan dengan itu data dari Psycnet yang diambil dari seorang psikolog sosial juga menyatakan bahwa penyesalan adalah keadaan kognitif dan emosional yang menyakitkan karena menyesalkan sesuatu atas kelemahan, kehilangan, atau kesalahan. 

Rasa penyesalan juga dapat memancing rasa sedih muncul bisa dikarenakan stimulus dari ingatan atau pengalaman tidak menyenangkan yang sedang kamu alami.

Hal ini dapat memicu pikiran overthinking yang seharusnya tidak muncul menjadi muncul tanpa kamu sadari di pikiranmu. Penyesalan menurut penelitian yang pernah aku baca juga memiliki dua karakteristik yaitu penyesalan jangka pendek dan jangka panjang.

1. Penyesalan jangka pendek

Penyesalan
sumber: unsplash.com

Penyesalan ini dapat muncul dari kesalahan yang kamu lakukan dengan sadar seperti kamu berbuat salah ketika pelajaran sedang berlangsung yang akhirnya kamu diberikan hukuman guru atau dosen sehingga membuatmu menyesal melakukannya lagi, penyesalan ini sering kita alami. Kenapa disebut jangka pendek karena umumnya ini tidak bertahan lama.

2. Penyesalan jangka panjang 

Penyesalan
sumber: unsplash.com

Penyesalan ini kerap muncul dari tindakan yang tidak kamu lakukan seperti rasa sesal akibat kamu tidak pernah mencoba lalu timbul segudang alasan seandainya dalam pikiranmu.

Hal ini penyesalan jangka panjang karena efek yang ditimbulkan jauh lebih membekas lama ketika kamu tidak mencobanya sama sekali dibanding kamu mencobanya lalu gagal di kemudian hari.


Lalu, apa sih dampak positif akibat penyesalan? Lanjut ke halaman kedua, ya.

1 2»
Satu Persen
Satu Persen-Indonesian Life School adalah startup pendidikan yang mengajarkan tentang pengetahuan dan kemampuan penting dalam hidup yang belum diajarkan di sekolah dan masyarakat luas.
x
error: Maaf ya