0

Sambal merupakan salah satu pendamping makanan yang wajib ada di Indonesia. Umumnya sambal disajikan bersama aneka lauk seperti tahu, ayam goreng, bakso, dan masih banyak lagi. Maka tak heran sambal favorit Indonesia ada banyak

Tak hanya itu-itu saja, lho. Di Indonesia terdapat banyak jenis dan variasi citarasa dari sambal.

Lantas, apa saja top 5 sambal terfavorit di Indonesia? Langsung saja kita lihat dibawah!

1. Sambal Bawang

Sumber: Google

Foodies pasti sudah paham betul dengan sambal satu ini. Terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam, kuliner ini cocok untuk dipadukan dengan jenis makanan apa saja.

Rasa cabai yang pedas ditambah dengan aroma khas bawang putih pasti menggoyang lidah siapa pun yang mencicipinya. Makanan yang paling cocok menjadi teman sambal bawang adalah ayam goreng, dipadu dengan nasi hangat dan lalapan. Wah, jadi lapar nih!

Baca Juga  Review Kashiwa, Restoran Jepang Seru yang Gak Bikin Kantong Bolong!

2. Sambal Terasi

Sumber: Google

Bahan-bahan yang digunakan umumnya tidak jauh berbeda dari sambal bawang. Yang menjadi ciri khasnya adalah tambahan terasi yang memiliki rasa unik. Terasi terbuat dari ikan yang difermentasi hingga berbentuk pasta dan memiliki aroma menyengat.

Ada 2 cara untuk menambahkannya dalam sambal, yaitu mentah dan matang. Sambal dengan terasi mentah memiliki rasa yang lebih asin dan menonjol, sedangkan terasi matang memiliki aroma yang lebih keluar dan gurih karena telah disangrai terlebih dahulu.

3. Sambal Matah

Sumber: Google

Siapa sih yang tidak kenal sambal satu ini? Warnanya yang menyegarkan saja sudah mengundang untuk disantap. Berbeda dari sambal lainnya yang dihaluskan atau diulek, sambal matah dibuat dengan cara diiris-iris.

Bahan dasarnya terbuat dari cabai, bawang merah, serai, dan daun jeruk. Sambal ini memiliki sensasi pedas dan asam-segar dengan tambahan perasan jeruk nipis.

Baca Juga  5 Olahraga Indoor untuk Kamu saat Stay At Home!

4. Sambal Mangga

Sumber: Google

Sambal dan buah? Tidak usah heran foodies, cocok kok! Rasanya malah lebih unik dan berbeda dari yang lainnya. Buah yang digunakan disini adalah mangga muda yang masih asam.

Sambal mangga cocok disantap bersama dengan seafood, seperti ikan, cumi, udang dan lainnya. Bayangkan seafood gurih dengan sambal mangga, perpaduan sempurna!

Sambal mana yang jadi sambal favorit Indonesia kesukaanmu foodies?


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Like it? Share with your friends!

0
gogumaa

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!