Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?
Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis
freepik.com/@wayhomestudio

5 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis!

Kesejahteraan psikologis merupakan tentang bagaimana kehidupan seseorang bisa berjalan dengan baik. Kesejahteraan psikologis sendiri digunakan untuk mendeskripsikan kesehatan emosional individu berfungsi secara keseluruhan. 

Rilisan studi tahun 2018 berjudul “Positive Psychological Well-Being and Cardiovascular Disease: JACC Health Promotion Series menyatakan bahwa orang yang memiliki kesejahteraan  psikologis tinggi, memiliki kehidupan lebih sehat dan berumur panjang.

Orang dengan kesejahteraan psikologis tinggi juga memiliki kualitas hidup lebih baik, dan terindikasi memiliki masalah kehidupan sosial lebih sedikit. Orang yang memiliki kesejahteraan psikologis tinggi memiliki kemampuan untuk bahagia, mendapatkan dukungan cukup, merasa puas dengan kehidupan, dan memiliki perilaku prososial (prosocial behavior). 

Jika Anda sedang mencari atau ingin meningkatkan kesejahteraan psikologis Anda, berikut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Mengingat kembali peristiwa berenergi positif

Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis
freepik.com/@wayhomestudio

Cobalah untuk mengingat kembali kejadian masa lalu, ketika Anda merasa mendapatkan energi positif. Misalnya saja seperti; memori ketika liburan bersama keluarga, menghabiskan waktu bersama teman-teman dekat atau orang tersayang, dan lain-lain. 

Mengingat kembali suatu kejadian bahagia memberikan dampak positif bagi tubuh. Memori-memori bahagia itu menjadi pengingat bahwa banyak sekali hal baik bisa dilakukan atau temukan di kehidupan yang sedang dijalani, terlebih, ketika sedang ada di masa sulit.

2. Lakukanlah kebaikan

Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis
freepik.com/@freepik

Perlahan-lahan, coba mulai bangun karakter untuk menjadi seseorang peduli, menjalani hidup, saling membantu. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menyatakan kebaikan membantu tubuh untuk merilis senyawa endorphins dan oxytocin, serta membantu menciptakan koneksi saraf baru.

Contohnya, seperti menahan pintu ATM untuk seseorang, memberikan senyuman tulus kepada tetangga, memberikan semangat kepada teman saat sedang sedih, dan masih banyak lagi hal kecil sering kita sepelekan, namun sebenarnya memiliki arti besar bagi seseorang.

3. Latih mindfulness

Mindfulness adalah pendekatan yang melibatkan dan memperhatikan pengalaman saat ini dengan keterbukaan, tanpa penilaian, dan keingintahuan. Kegiatan mindfulness sendiri sering dikaitkan dengan banyak hal bermanfaat, mulai dari peningkatan kebahagiaan dan jadi memiliki ketahanan yang lebih baik. 

Rilisan studi oleh News In Health menunjukkan bahwa manfaat utama dari mindfulness adalah mendorong untuk memperhatikan pikiran, tindakan, dan tubuh. Praktek mindfulness juga membantu mengelola stress, mengatasi penyakit serius dengan lebih baik, mengurangi kecemasan, dan depresi. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih mindfulness seperti memperhatikan hal-hal disekitar, fokus dengan apa yang ada pada masa kini, melakukan meditasi kesadaran, dan lain-lain.

4. Mengungkapkan rasa syukur

Ungkapkan rasa bersyukur dan berikan apresiasi untuk orang-orang terdekat atau tuliskan hal-hal yang disyukuri di dalam jurnal pribadi. Dengan mengungkapkan rasa syukur terhadap hal-hal baik, membuat individu menjadi lebih terfokus terhadap hal-hal baik dalam kehidupan.

Jadikan kegiatan mengungkapkan rasa bersyukur terhadap segala sesuatu yang ada sebagai bagian dari gaya hidup. Mencari hal-hal yang patut disyukuri setiap hari merupakan hal mudah, namun efektif untuk menaikkan kesejahteraan psikologis. 

5. Belajar untuk memaafkan

Melepaskan kejadian masa lalu yang menyakitkan dan menimbulkan rasa marah adalah kunci untuk mendapatkan kesejahteraan psikologis. Sebuah studi oleh Oxford Academic menyatakan memaafkan mampu menurunkan tingkat stres dan memberikan kesehatan mental lebih baik. 

Memaafkan seseorang atas kesalahan yang telah dilakukan bukan berarti mengizinkan mereka untuk kembali menyakiti, lebih dari itu, memaafkan bagus untuk kesehatan jiwa. Dengan memaafkan membantu diri sendiri untuk melepaskan segala amarah yang tertahan di dalam diri.

Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis
freepik.com/@wayhomestudio

Nah, itulah tadi 5 tips sederhana untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis. Yuk dicoba guys biar hidup kamu semakin damai dan tenteram.

Baca Juga  10 Tips Mencari Pasangan Hidup yang Pas untuk Kamu

Baca Juga  Review MRT Jakarta! Bener Gak Sih Berasa di Luar Negeri? Simak Reviewnya Berikut Ini!

Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

x
error: Maaf ya