Beriklan di Yunoya! Ingin kontenmu hadir di Yunoya Media?

6 Label Komik Superhero Indonesia Yang Harus Kalian Tahu!

Label komik superhero Indonesia adalah industri kreatif padat karya yang segala proses pengerjaannya melibatkan banyak pihak. Komik Indonesia modern sendiri mulai ada sejak tanggal 2 Agustus 1930. Dipelopori oleh Kho Wan Gie, dengan judul Put On yang tayang sebagai komik strip di majalah Tionghoa berbahasa Melayu, Sin Po.
Tapi tujuan kita akan tertuju pada komik bertema superhero. Dalam sejarahnya, komik superhero Indonesia pertama adalah Sri Asih. Karya Alm. R.A Kosasih pada tahun 1954. Wah, tua juga ya!
Komik Superhero Indonesia menemui masa keemasannya awal dekade 70-an hingga awal 80-an. Dahulu masa itu komik Indonesia didominasi karakter karya Alm. Hasmi, Alm. Wid NS, Nono GM, Ganes TH. Siapa lagi kalo bukan Gundala, Godam, Tira, Aquanus, Maza, Si Buta dari Goa Hantu.
Lanjut ke dekade 90-an, ada Caroq yang datang memberi angin segar dunia perkomikan Indonesia yang tengah tertatih-tatih. Beserta Sraten Komik (Asal Mula Bumilangit) dengan merilis komik edisi terbatas, Patriot: Eksperimen-X.
Sampai di situ kita sudah tahu bukan sejarah komik Indonesia? Lalu apakah masih ada penerbit komik yang bertahan ditengah ketidakpastian pecinta komik lokal? Dan ini dia label komik superhero Indonesia keren yang perlu kalian ketahui. Mari kita simak ulasannya!

1. Bumilangit

Bumilangit adalah perusahaan hiburan berbasis karakter yang berdiri pada tahun 2003. Awal mulanya pada 10 tahun pertama mereka fokus melakukan remastered lalu dijualkan ke para kolektor. Hingga pada akhirnya mereka melakukan sebuah perubahan, baik dari segi cerita maupun desain kostum para karakternya.
Puncaknya, mereka berhasil mengangkat salah satu karakter mereka, Gundala, ke layar lebar. Dan berhasil menggaet 1,6 juta penonton selama penanyangannya. Dan semesta filmnya akan terus belanjut hingga tahun 2025.

2. Supermoon Comics

Supermoon Comics adalah label komik asal Surabaya. Didirikan oleh Sukaryadi atau yang lebih dikenal dengan nama Lolo Biru adalah pria dibalik lahirnya Supermoon Comics. Lolo membangun Supermoon tahun 2014, dengan karakter awal bernama Biru, yang melakukan debut pada komik berjudul, Biru: Putera Langit.
Awalnya Lolo minder karena dia tahu bahwa dirinya adalah “orang baru” di dalam dunia perkomikan Indonesia. Supermoon Comics menjadi label independen yang terus mengeluarkan karakter baru.
Saat ini kamu bisa menikmati Supermoon Comics di Karryakarsa dengan harga yang pas di kantong. Gaya pengambaran dan cerita yang seru akan membuatmu mencintai komik ini.

Nah, serukan? Apa aja ya label komik Indonesia lainnya? Ke halaman berikutnya!

1 23»

x
error: Maaf ya