Berbicara tentang Crossover, kita perlu mengetahui maksud dari Crossover itu sendiri. Crossover adalah sebuah momen yang mempertemukan karakter-karakter dari label/jagat berbeda ke dalam suatu proyek, seperti halnya crossover komik superhero Indonesia.

Pada umumnya crossover tersebut hanya bisa terjadi jikalau label-label tersebut berada di bawah naungan perusahaan yang sama. Tapi, di dunia komik juga terdapat, loh, crossover antarkarakter yang berasal dari dua perusahaan yang berbeda, bahkan bisa dikatakan rival.
Juga terkadang karakter yang digabungkan tersebut punya background dan sifat yang bertolak belakang satu sama lain. Di Indonesia sendiri juga ada loh, Crossover keren yang bakal Yunoya rangkum nih. Apa saja? Yok mulai ulasannya!

1. Crossover teramai dari Sarang Semut Comics

Sarang Semut bukanlah label seperti kebanyakan label komik pada umumnya. Sarang Semut Comics adalah sebuah label independen khusus kolaborasi yang menggaet banyak label/komikus Indonesia. Mereka lahir pada tahun 2015, berawal dari obrolan santai para komikus yang kala itu sedang merintis karirnya.
Semua karakter yang hadir pada komik perdananya ini tidak berasal dari Sarang Semut itu sendiri. Melainkan dari banyak IP milik label lain atau pribadi yang belum mempunyai label penerbit sendiri.
Setelah berhasil menciptakan komik kolaborasi pertamanya pada tahun 2015. Mereka berhenti dan tidak melanjutkan seri ini lagi. Lalu pada tahun 2020, secara mengejutkan Sarang Semut hadir kembali. Tentunya dengan proyek super megah.
Proyek ini didasari dari keinginan para penggemar agar seri ini dilanjutkan. Cerita yang menggantung menjadi alasan para fans untuk mendorong terbitnya lanjutan dari komik ini.
Untuk sekarang, mungkin ini adalah crossover paling ramai di dunia perkomikan Indonesia. Di dalamnya ada beberapa yang kita kenal, sebut saja Biru dari Supermoon Comics, Nirbita dari DYZ Comics, lalu tidak ketinggalan Lang Sakti dari Neo Paradigm Comics. Itu belum lagi dihitung karakter yang dimiliki secara pribadi.
Sampai Lancah Maung dan Laskar Meteor dari Zoid Comics, serta Seraphim dari Matacoin Comics. Itu pun masih dipegang personal. Dan beberapa karakter lain yang belum memiliki label penerbitnya.
Untuk komik terbaru ini akan berjudul, Adiwira Bawana. Adiwira sendiri memiliki arti Ksatria, sedangkan Bawana artinya Nusantara. Latar peristiwa dari komik ini sendiri bertepat di kota Surabaya. Komik ini mulai melakukan Pre-order pada bulan november ini.

Hmm… Seterusnya ada crossover dari siapa lagi ya? Yuk lihat halaman berikutnya!


Iqbal Pradana

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals