0

Apakah kamu sudah mengenal body positivity? Body positivity merujuk ke pernyataan bahwa semua orang berhak merasa dan mendapatkan pandangan positif terhadap bentuk tubuh masing-masing. Terlepas dari bagaimana masyarakat dan budaya populer memberi patokan bagaimana seharusnya bentuk, ukuran, dan penampilan ideal. 

Mengenal body positivity bukan hanya tentang memberikan tantangan bagaimana masyarakat melihat seseorang berdasarkan bentuk fisik dan ukuran tubuh. Namun, juga untuk mengakui bagaimana masyarakat saat ini menilai seseorang berdasarkan ras, jenis kelamin, seksualitas, dan kecacatan.

Selain itu, body positivity diperuntukkan memberikan pemahaman bagaimana media-media populer secara tidak langsung berkontribusi memberikan pandangan baru terhadap hubungan individu dengan tubuhnya, termasuk tentang makanan, olahraga, pakaian, kesehatan, identitas, dan perawatan diri. 

Dengan memiliki pemahaman lebih mendalam mengenai dampak dan efek yang didapat, harapannya masyarakat bisa membangun hubungan lebih sehat dan realistis terhadap tubuhnya sendiri. 

Berikut ini adalah tujuan dari gerakkan body positivity:

  • Memberikan tantangan kepada masyarakat bagaimana cara memandang tubuh
  • Mempromosikan penerimaan segala bentuk tubuh yang ada
  • Membantu seseorang untuk membangun kepercayaan diri terhadap tubuhnya sendiri
  • Menangani standar tubuh tidak realistis

1. Bagaimana body positivity berkembang?

Mengenal Body Positivity
freepik.com/@nensurla

Berawal dari gerakkan fat acceptance pada akhir 1960-an, istilah body positivity muncul. Fat acceptance berfokus ke penghentian budaya mempermalukan dan diskriminasi terhadap seseorang berdasarkan ukuran tubuh atau berat badan mereka. 

National Association to Advance Fat Acceptance pertama kali didirikan pada tahun 1969 dan terus berupaya untuk mengubah cara orang berbicara mengenai berat badan. Istilah “body positivity” mulai muncul pada tahun 1996, ketika seorang psikoterapis dan seseorang yang tengah menjalani pengobatan gangguan makan (eating disorder) mendirikan situs web thebodypositivity.org.

Situs ini menawarkan materi pendidikan, dirancang khusus untuk membantu seseorang merasa nyaman dengan tubuh mereka, dengan mengalihkan fokus dari upaya penurunan berat badan melalui pola diet tidak sehat dengan upaya olahraga. 

Baca Juga  Yuk, Kenalan dengan Berbagai Jenis Donat yang Paling Digemari!
Baca Juga  Ingin Menyerah? Berikut Tips dan 4 Cara Memotivasi Diri Lebih Baik!

Gerakkan body positivity akhir-akhir ini dimulai sekitar tahun 2012. Pada awalnya, gerakkan ini berfokus kepada tantangan standar kecantikan feminim yang tidak realistis.

Namun, seiring berjalannya waktu, fokus awal pada penerimaan berat badan mulai beralih ke arah pesan bahwa “semua tubuh itu indah”. Ketika istilah body positivity semakin populer, orang-orang mulai kebingungan dengan makna sebenarnya dari body positivity

Salah satu alasan mengapa makna body positivity disalahartikan karena banyaknya definisi berbeda mengenai gerakkan body positivity itu sendiri. 

Berikut ini beberapa makna dari body positivity:

  • Menghargai tubuh meskipun ada kekurangan
  • Merasa percaya diri terhadap tubuh sendiri
  • Mencintai diri sendiri
  • Menerima apapun itu bentuk dan ukuran tubuh 

Body positivity juga bermakna mencintai tubuh dan tidak menyalahkan diri sendiri atas perubahan alami karena penuaan, kehamilan, atau pilihan gaya hidup. 


Lalu kenapa hal ini perlu diterapkan? Apa saja alasannya? Yuk cek halaman kedua.


Like it? Share with your friends!

0
Audy

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles