Pada tanggal 3 Desember 2020 pada pukul 14:00 WIB, Klobility membuat webinar spesial untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional. Klobility membuat webinar dengan tema Membangun Indonesia Inklusi. 

Dengan adanya pandemi COVID-19, Zoom menjadi media untuk Klobility menyebarkan seminar untuk membangun Indonesia Inklusi di hari Disabilitas Internasional. Klobility bekerja sama dengan United Tractors untuk mengundang pembicara ternama seperti Bapak Sutrisno dari PT. Persero, Ratnawati Sutedjo dari Precious One, dan Blindman Jack yang merupakan aktivis yang berprofesi sebagai stand up komedian. 

Selain itu, Muhammad Karim A yang merupakan karyawan disabilitas dari PT. PAMA juga akan menyampaikan pengetahuannya mengenai bagaimana sih caranya agar Indonesia memasuki era Inklusi yang efektif.

Ayo, simak bagaimana cara membangun Indonesia Inklusi dengan para tokoh aktivis yang berperan penting di perkembangan Inklusi Indonesia.

Tahap Menuju Indonesia Inklusi

Membangun Indonesia

Pada awalnya memulai Inklusi di negara Indonesia yang masih belum paham tentang disabilitas membuat para pekerja disabilitas kesulitan dalam mencari mata pencaharian. Blindman Jack bahkan mengatakan bahwa banyak pekerja disabilitas dipersulit karena keterbatasan mereka. Karena itulah perusahaan di zaman dahulu mengabaikan kebutuhan para pekerja disabilitas.

Namun, dengan seiring berkembangnya zaman kini Indonesia mulai memulai pergerakan menuju Indonesia Inklusi. Tokoh penting di United Tractors, Sarah Loebis mengatakan bahwa ia memulai pergerakan ini dari dahulu kala. Ia mulai bekerja sama dengan Blindman Jack untuk membangun lingkungan inklusi bagi para pekerja disabilitas. 

Sara Loebis yang merupakan sekretaris dari perusahaan United Tractors dan juga merupakan tokoh yang peduli dengan penyandang disabilitas. Perusahaan UT membuka kesempatan magang bagi penyandang disabilitas. United Tractors (UT) sudah menjadi perusahaan inklusif yang menerima pekerja penyandang disabilitas.

Selain UT, masih ada lagi perusahaan seperti PT. Persero yang merekrut penyandang disabilitas untuk pergerakan Indonesia Inklusi. Precious One juga mengajarkan para penyandang disabilitas yang kesulitan mendapatkan posisi di pekerjaan perkantoran.

Pekerja disabilitas Bapak M. Karim mulai pergerakan inklusinya dengan cara mendirikan Unit Kegiatan Mahasiswa Peduli Difabel di Universitas Gajah Muda, sekaligus mendidik generasi muda untuk membangun Universitas Inklusif.


Cek halaman dua tentang bagaimana cara membangun Indonesia Inklusi!


Josevina Gaby

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals