0

Banyak orang memanfaatkan waktu luang di masa pandemi dengan melakukan berbagai macam kegiatan bermanfaat, melatih kemampuan di dapur menjadi salah satunya.

Mendekati waktu natal seperti saat ini, bagi mereka yang merayakan mulai mempersiapkan dekorasi, kado, makanan dan lain-lain untuk menyambut hari raya ini. Untuk beberapa orang, membuat kukis untuk orang terkasih menjadi salah satu agenda penting sebelum natal tiba.

Entah itu untuk diri sendiri maupun sebagai hadiah untuk orang terkasih, membuat kukis untuk sebagian orang bisa menjadi tantangan tersendiri. Bahkan terkadang, oven bisa menjadi musuh terbesar untuk para pembuat kukis rumahan.

Oleh karena itu, intip tips dan trik cara membuat kukis berikut ini langsung dari para ahlinya.

Tips dan trik membuat kukis

Cara Membuat Kukis

  1. Kuncinya adalah dengan ‘mengistirahatkan’ adonan kukis

Mengutip pernyataan Michael Wallace, seorang kepala koki dan pemimpin di tim penelitian dan pengembangan di perusahaan tepung bebas gluten Cup4Cup pada laman Insider, sangat penting untuk mengalokasikan waktu untuk membiarkan adonan kukis untuk diistirahatkan.

Wallace juga mengatakan setidaknya butuh waktu selama dua jam untuk mengistirahatkan adonan sebelum dipanggang. Lalu, setelah kukis matang, akan lebih baik untuk membiarkannya dingin terlebih dahulu sebelum dipindahkan dari wadah panggangan.

Selain menggunakan tepung bebas gluten, penting bagi para pembuat kue rumahan untuk tidak overmixing adonan kukis.

  1. Bekukan adonan sebelum dipanggang

Seorang koki di Sur La Table, Tricia Brennan Nally, pada laman Insider mengatakan penting bagi para koki rumahan untuk mengeraskan adonan di dalam freezer atau lemari es.

Menurut Nally, adonan dingin selalu menjadi yang terbaik, tetapi akan sulit untuk membentuknya ketika dingin. Oleh karena itu, lebih baik membentuk adonan terlebih dahulu lalu dinginkan sebelum dipanggang. 

Waktu pendinginan tergantung pada adonan dan kukis yang ingin dibuat. Oleh karena itu, para pembuat kukis rumahan dianjurkan untuk melakukan riset terlebih dahulu untuk mengalokasikan waktu pendinginan sebelum kukis dipanggang.

  1. Kualitas ketimbang kuantitas

Selain mendinginkan adonan, Nally juga menambahkan ada baiknya untuk fokus ke jenis kukis daripada menangani banyak jenis kukis dalam waktu bersamaan.

  1. Membuat beberapa jenis kukis berbeda dari satu adonan

Nally juga merekomendasikan untuk membuat kukis berbeda dengan menggunakan adonan dasar yang sama untuk menjaga kualitas kukis.

  1. Memiliki alat yang baik terkadang dapat membuat perbedaan

Trik terakhir yaitu dengan memiliki alat-alat untuk membuat kue dengan kualitas baik. Contohnya seperti memiliki bench knife untuk mengiris adonan, memotong mentega, dan lain sebagiannya.

Selain itu bench knife, terdapat pula alat-alat pendukung seperti penyendok adonan kukis, spatula kecil, alas untuk membuat kue sebagai alat rekomendasi lainnya. Dengan menginvestasikan alat-alat pendukung yang benar untuk membuat kue, akan membuat perbedaan pada hasil akhirnya.


Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!

Baca Juga  Hipokondria: Kecemasan Abnormal Tentang Kesehatan Tubuh

Like it? Share with your friends!

0
Audy

error: Maaf ya
Choose A Format
Format Berita
Beritakan informasi Pop Culture dan Lifestyle terkini di sini!