Manfaat Peregangan, Salah Satunya Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung!


Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling penting untuk menunjang kehidupan makhlukk hidup: yang terdiri dari sekumpulan otot, guna untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh. Lalu apa hubungannya dengan manfaat peregangan?

Jantung ibaratkan mesin pemompa sumber daya. Ketika jantung berhenti, tidak akan ada darah dan oksigen terpompa mengalir ke seluruh tubuh.

Akibatnya oksigen dan darah tidak mengalir, dan secara konstan tubuh akan ikut berhenti berfungsi. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Sebuah studi oleh dirilis oleh The Physiological Society menghasilkan, salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan melakukan stretching atau peregangan badan.

Studi yang dilakukan oleh University of Milan di Italia menemukan dengan melakukan secara rutin peregangan badan secara pasif selama 12 pekan, dapat membantu sistem vaskular dan meningkatkan aliran darah. Apa hanya itu saja manfaat peregangan?

Peregangan pasif merupakan tipe peregangan dimana seseorang tetap pada satu posisi dengan waktu tertentu. Peregangan pasif dilakukan dengan mengandalkan kekuatan eksternal, sedangkan peregangan aktif tidak mengikutsertakan tekanan dari luar.

Penemuan dari studi

Apa manfaat peregangan?

Penelitian ini melibatkan 39 laki-laki dan perempuan dewasa dengan kondisi sehat, kemudian membaginya menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama mencoba untuk melakukan peregangan kaki, dalam lima kali seminggu, selama 12 pekan. Dan kelompok kedua, tidak melakukan peregangan sedikitpun.

Orang di dalam grup pertama memperlihatkan peningkatan pada sistem vaskular mereka. Para peneliti mengatakan hal ini bisa berimplikasi pada penyakit yang melibatkan perubahan aliran darah, seperti serangan jantung dan stroke.

Penemuan studi ini, nantinya akan direplikasikan kepada orang-orang yang mengidap penyakit vascular. Peneliti dapat menentukan, apakah peregangan bisa menjadi alternatif pengobatan, untuk meningkatkan kesehatan vascular.

Baca Juga  Apa itu People Pleaser? Ini Penjelasanya Biar Kamu Tahu!

Bahaya dari penyakit vascular

Apa manfaat peregangan?

Penyakit vascular” merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan kondisi abnormal pada arti dan pembuluh darah.

Sistem vascular pada tubuh orang dewasa terdiri dari 100.00 mil pembuluh darah. Masalah yang terjadi dalam system ini bisa menjadi serius dan menyebabkan rasa sakit, cacat, atau kematian.

Stroke, pembekuan darah, hingga serangan jantung dapat terjadi, kala aliran darah terdapat arteri yang tidak berfungsi dengan baik.

Dr. Sanjiv Patel, seorang ahli jantung intervensi di MemorialCare Heart & Vascular Institude  Orange Coast Medical Center di California, pada laman Healthline menyatakan ketika aliran darah baik, akan mengurangi dampak tekanan darah di dalam sistem, sehinga dapat mengurangi kerusakan pada dinding arteri.

Selain itu, Dr. Sanjiv Patel juga mengatakan berkurangnya aliran darah karena arteri dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, dan meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

Cara meningkatkan fungsi arteri

Apa manfaat peregangan?

Mengutip dari lama Healthline, menurut Dr. Nelca Goldbreg, seorang ahli jantung dan direktur di NYU Langones Center for Women’s Heatlh mengatakan, bahwa arteri harus bisa fleksibel dan tidak kaku.

Hal ini dikarenakan arteri perlu mengembang untuk mengalirkan lebih banyak darah, contohnya ke otot jantung atau arteri perut setelah makan besar. Jika arteri kehilangan kemampuan mengembang, bisa memicu gejala nyeri dada atau nyeri di kaki pada orang dengan penyakit arteri perifer.

Dari Emiliano Cè, PhD, salah satu peneliti dalam studi dirilis oleh The Physiological Society, mengenai dampak melakukan passive stretching pada kesehatan jantung menyatakan, melakukan peregangan dapat bermanfaat untuk system vascular selama masa berdiam diri di rumah di masa COVID-19.

Namun, Goldbreg menjelaskan bahwasanya diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai peregangan ini dan dampaknya pada kebutuhan system vascular. Diperlukan lebih banyak penelitian pada orang dengan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, atau pun penyakit vascular lainnya.

Nah itu dia manfaat peregangan untuk tubuh, menarik bukan? Bagaimana nih kalau menurutmu?

Baca Juga  Membangun Indonesia Inklusi Bersama Klobility dan Masyarakat

Ingin tahu informasi tentang Pop Culture dan Lifestyle lainnya? Cek terus Yunoya Media dan like fanpage Facebook Yunoya Media di sini, ya!


Audy

Kolom Komentar

error: Maaf ya
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals